@phdthesis{eprintuntirta44629, note = {Layanan game online di Indonesia sedang berkembang pesat. Banyaknya penyedia layanan ini memungkinkan masyarakat untuk memilih dengan bebas. Namun, masih banyak masalah terkait dalam pelayanan game online tersebut, salah satunya terkait perlindungan konsumen, diantaranya kerugian konsumen karena sistem komputer yang tidak berjalan dengan baik contohnya error saat pembelian voucher game, adanya debug dan error, pemindahan server, tutupnya server, masih adanya klausula baku, konsumen anak sebagai konsumen game online yang belum cakap menurut syarat sahnya perjanjian, dan permasalahan lainnya. Identifikasi masalah penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap pemain game online atas kepemilikan uang virtual berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan UU ITE? dan bagaiamana upaya penyelesaian pelaku usaha terhadap tutupnya server game online di Indonesia? Dengan menggunakan teori perlindungan hukum dan teori kepastian hukum. Metode dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan konsumen yang dirugikan, KOMINFO Kabupaten Pandeglang, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan hukum yang diberikan oleh EA Games selaku Publisher serta Developer Game Apex Legends Mobile belum optimal karena Pasal 4 dan Pasal 7 Undang-Undang Perlindungan Konsumen tidak terlaksana dengan baik. Tanggung jawab dan/atau ganti rugi Electronic Arts selaku pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan tidak sesuai dengan Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan Konsumen karena tidak mengganti kerugian yang dialami oleh pemain game online Apex Legends Mobile. Electronic Arts sebaiknya memberikan perlindungan hukum dengan lebih optimal dan KOMINFO sebaiknya meningkatkan pengawasan dan penertiban secara berkala terhadap game online yang beroperasi di Indonesia.}, author = {Faizal Andaru Hermawan}, year = {2024}, title = {PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAIN ATAS PEMBELIAN UANG VIRTUAL DALAM GAME ONLINE JENIS FREEMIUM DI INDONESIA}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, abstract = {Online game services in Indonesia are growing rapidly. The number of service providers allows people to choose freely. However, there are still many problems related to online game services, one of which is related to consumer protection, including consumer losses due to computer systems that do not run properly, for example errors when purchasing game vouchers, debug and errors, server transfers, server closures, the existence of standard clauses, child consumers as online game consumers who are not yet competent according to the terms of the agreement, and other problems. The identification of the problem of this research is how is the legal protection for online game players for ownership of virtual money based on the Civil Code and Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and the ITE Law? and how are business actors' efforts to resolve the closure of online game servers in Indonesia? By using the theory of legal protection and the theory of legal certainty. The method in this study is normative juridical with a statutory approach, conceptual approach, and case studies. The data sources in this study are primary data obtained from interviews with consumers who have been harmed, KOMINFO Pandeglang Regency, and the Indonesian Consumers Foundation, while secondary data is obtained from literature studies. Data collection techniques in this study were field research and literature study. Data analysis conducted was qualitative descriptive analysis. Based on the results of the study, it is known that the legal protection provided by EA Games as the Publisher and Developer of the Apex Legends Mobile Game is not optimal because Article 4 and Article 7 of the Consumer Protection Law have not been implemented properly. The responsibility and/or compensation of Electronic Arts as a business actor to consumers who are harmed is not in accordance with Article 19 of the Consumer Protection Law because it does not compensate for the losses experienced by Apex Legends Mobile online game players. Electronic Arts should provide more optimal legal protection and KOMINFO should increase supervision and regular control of online games operating in Indonesia.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/44629/}, keywords = {Consumer Protection, Virtual Money, Online Games Perlindungan Konsumen, Uang Virtual, Game Online} }