eprintid: 44614 rev_number: 40 eprint_status: archive userid: 11761 dir: disk0/00/04/46/14 datestamp: 2025-01-04 11:50:49 lastmod: 2025-01-04 11:50:49 status_changed: 2025-01-04 11:50:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR RAHMA, ATHIYYAH creators_id: 2225200081 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ANRIANI, NURUL contributors_name: RAFIANTI, ISNA contributors_id: 198201192006042003 contributors_id: 198804132023212039 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA title: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DENGAN MENERAPKAN TEORI KONSTRUKTIVISME ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1603 subjects: Q1 subjects: QA divisions: FKIP divisions: Matematika full_text_status: restricted keywords: masalah matematis siswa, pembelajaran merdeka belajar, teori konstruktivisme, constructivism theory, independent learning, students' mathematical problems note: Hasil penelitian yang menggali hubungan antara penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika, Kurikulum Merdeka Belajar, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil pembelajaran yang rendah berpotensi dampak yang besar dalam membentuk kebijakan pendidikan dan praktik pembelajaran di Indonesia. maka studi ini tujuannya guna menganalisis penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran matematika dan bagaimana hal itu memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkategori rendah. adapun metode penelitian memakai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. hasil dan kesimpulan di studi ini terdapat 27% siswa berkategori rendah. Siswa berkategori rendah memperlihatkan variasi dalam kemampuan pemecahan masalah matematis. abstract: The results of the study that explore the relationship between the application of the constructivist approach in mathematics learning, the Independent Learning Curriculum, and the mathematical problem-solving abilities of students with low learning outcomes have the potential for a major impact in shaping educational policies and learning practices in Indonesia. Therefore, the purpose of this study is to analyze the application of constructivism theory in mathematics learning and how it affects the mathematical problem-solving abilities of students with low categories. The research method uses qualitative research with a descriptive approach. The results and conclusions of this study are that there are 27% of students with low categories. Students with low categories show variations in mathematical problem-solving abilities. date: 2024 date_type: published pages: 228 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NUR RAHMA, ATHIYYAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DENGAN MENERAPKAN TEORI KONSTRUKTIVISME. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/6/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/7/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/8/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/9/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/10/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/11/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/12/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/13/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44614/14/Athiyyah%20Nur%20Rahma_2225200081_CP_.pdf