%0 Thesis %9 S1 %A Abdillah, Ulya %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, %B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA %D 2024 %F eprintuntirta:44565 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Writing Review Texts, Scaffolding Method, Inquiry Method. Menulis Teks Resensi, Metode Scaffolding, Metode Inkuiri %P 258 %T Pengaruh Metode Scaffolding dan Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Pabuaran %U https://eprints.untirta.ac.id/44565/ %X Many students struggle to articulate their opinions and ideas when writing review texts, leading to the perception that writing reviews is difficult. This challenge stems from the use of ineffective teaching methods. The researcher is therefore interested in employing the Scaffolding and Inquiry methods in the instruction of review writing. Accordingly, this study aims to analyze the effect of the Scaffolding teaching method, the effect of the Inquiry teaching method, as well as the difference in the impact between the two methods on students' review writing skills in Grade XI at SMAN 1 Pabuaran. This research adopts a quantitative approach. The methodology utilized is an experimental method with a Pretest-Posttest control group design. The sampling technique employed is random sampling, with class XI-3 serving as the experimental group and class XI-1 as the control group. The data collected consists of the results of review writing tests from the pretest and posttest, which were analyzed using statistical calculations via SPSS version 29. Hypothesis testing was conducted using the t-test. The t-test results indicated a significance level for both the Scaffolding and Inquiry methods of 0.001 < 0.005, thus accepting the alternative hypothesis (Ha) and rejecting the null hypothesis (Ho). The significance test of the impact of both teaching methods revealed that the Scaffolding method was more effective than the Inquiry method in improving review writing skills in Grade XI at SMAN 1 Pabuaran. %Z Banyak siswa yang kesulitan menuangkan opini dan pendapatnya saat menulis teks resensi, sehingga siswa beranggapan menulis teks resensi adalah yang sulit. Kendala yang menyebabkannya adalah metode yang kurang tepat. Peneliti tertarik menggunakan metode Scaffolding dan metode Inkuiri untuk pembelajaran menulis teks resensi. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode Scaffolding, pengaruh penggunaan metode Inkuiri, serta perbdaan pengaruh antara metode Scaffolding dan metode Inkuiri terhadap keterampilan menulis teks resensi di kelas XI SMAN 1 Pabuaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-1 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh merupakan hasil tes menulis teks resensi dari pretest dan posttest yang diuji dengan perhitungan statistik berbantuan SPSS versi 29. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan signifikasnsi pada metode Scaffolding dan metode Inkuiri sebesar 0,001 < 0,005 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Uji signifikansi pengaruh kedua metode menunjukkan bahwa metode Scaffolding lebih unggul dibandingkan dengan metode Inkuiri dalam meningkatkan keterampilan menulis teks resensi di kelas XI SMAN 1 Pabuaran.