%I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ASAM BASA %A Dian Arsy Aini %L eprintuntirta44475 %K Learner Worksheet, Socio Scientific Issues, Acid-Base Lembar Kerja Peserta Didik, Socio Scientific Issues, Asam Basa %D 2024 %X The development of the world of education that is increasingly fast and dynamic encourages various changes that require teachers to help students to face the future. Along with frequent curriculum changes in Indonesia, the existing curriculum is still considered insufficient in improving the quality of education as indicated by the low indicators of student learning outcomes. Thus, the government is again trying to develop a curriculum to overcome the problems that occur, known as the independent curriculum. In its implementation, there are still several problems including limited resources and learning facilities. In addition, one of the independent curriculum materials in phase F, namely acid-base material, turns out to still cause a lot of confusion in students. Thus, teaching materials are needed that can support the achievement of the objectives of the independent curriculum, one of which is in phase F of acid-base material. This research aims to produce Student Worksheets based on socio scientific issues on acid-base material. This type of research is development research, with the ADDIE model (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Validation data obtained Aiken's validation value of 0.9 which means valid. Furthermore, the response data of 35 students obtained a “very good” category with a value of 85%. Thus, the socio scientific issues-based Learner Worksheet on acid-base material is valid. %O Perkembangan dunia pendidikan yang semakin cepat dan dinamis mendorong terjadinya berbagai perubahan yang mengharuskan guru membantu peserta didik untuk menghadapi masa depan. Seiring dengan seringnya perubahan kurikulum di Indonesia, kurikulum yang telah ada masih di pandang belum cukup dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ditunjukkan dengan masih rendahnya indikator hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, pemerintah kembali berupaya mengembangkan kurikulum untuk mengatasi masalahan yang terjadi yang dikenal dengan kurikulum merdeka. Dalam pelaksanaannya, masih ditemui beberapa permasalahan diantaranya terbatasnya sumber daya dan fasilitas pembelajaran. Selain itu, salah satu materi kurikulum merdeka pada fase F, yaitu materi asam basa ternyata masih banyak menimbulkan kekeliruan pada peserta didik. sehingga, diperlukan bahan ajar yang dapat mendukung ketercapaian tujuan kurikulum merdeka salah satunya pada fase F materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis socio scientific issues pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan model ADDIE (analys, design, development, implement, dan evaluate). Data validasi diperoleh nilai validasi Aiken’s sebesar 0,9 yang berarti valid. Selanjutnya, diperoleh data respon 35 peserta didik memperoleh kategori “sangat baik” dengan nilai sebesar 85%. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis socio scientific issues pada materi asam basa ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.