%0 Thesis %9 S1 %A FIRDA AFRIANI, SALSA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, %B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA %D 2024 %F eprintuntirta:44414 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K gender bias, women, novel, Bumi Manusia bias gender, perempuan, novel, Bumi Manusia %P 218 %T BIAS GENDER PADA NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U https://eprints.untirta.ac.id/44414/ %X This research aims to (1) describe the constructs of gender bias in novels Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer's work and classifies it into five manifestations of gender injustice proposed by Mansour Fakih, namely: marginalization, subordination, stereotypes, violence and double burden; and (2) examine the implications of the novel Bumi Manusia towards literature learning in high school. This research uses literary research methods with a feminist perspective. The data in this research are in the form of sentences, quotes and expressions that reflect the five manifestations of gender bias. The data collection techniques used include library study techniques (library research), as well as reading, listening and note- taking techniques. Data analysis was carried out using content analysis techniques and data validity checking techniques using investigator triangulation techniques. Based on the research results, 35 data were found, including 2 data of marginalization gender bias, 5 data of subordination gender bias, 12 data of stereotype gender bias, 11 data of violence gender bias, and 5 data of double burden gender bias, in addition to the novel Bumi Manusia It can also be used as teaching material for literature learning in high school using prose text material. %Z Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konstruk-konstruk bias gender pada novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dan mengklasifikasikannya ke dalam lima manifestasi ketidakadilan gender yang dikemukakan oleh Mansour Fakih, yaitu: marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban ganda; serta (2) mengkaji implikasi novel Bumi Manusia terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sastra dengan perspektif feminisme. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, kutipan, serta ungkapan yang mencerminkan kelima manifestasi bias gender. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik studi pustaka (library research), serta teknik baca, simak, dan catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis) dan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 35 data yang meliputi, bias gender marginalisasi berjumlah 2 data, bias gender subordinasi berjumlah 5 data, bias gender stereotip berjumlah 12 data, bias gender kekerasan berjumlah 11 data, dan bias gender beban ganda berjumlah 5 data, selain itu novel Bumi Manusia juga dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA pada materi teks prosa.