@phdthesis{eprintuntirta44367, author = {ADE RISNAWATI}, year = {2024}, title = {TATA LAKSANA PELAKSANAAN PROGRAM KHUSUS BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS DI SKH AL-KAUTSAR CILEGON}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Program khusus adalah program yang diperuntukan bagi para penyandang disabilitas dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuannya. Program khusus juga diartikan sebagai penggantian, pengalihan fungsi yang kurang atau hilang dari kemampuan individu agar dapat menggantikan atau mengimbangi fungsi tersebut sehingga dibutuhkan sekolah atau tempat penyelenggara program khusus untuk melaksanakan program khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tata laksana pelaksanaan program khusus bagi peserta didik penyandang disabilitas di SKh Al-Kautsar Cilegon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, Informan penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah dan 5 guru sesuai jumlah kategori peserta didik penyandang disabilitas di SKh Al-Kautsar yaitu; tunanetra, tunagrahita, tunarungu, tunadaksa dan autis. Data dikumpulkan melalui hasil dokumentasi, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah tata laksana pelaksanaan program khusus bagi peserta didik penyandang disabilitas mengutamakan kemandirian peserta didik sehingga guru membuat program khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik dan program khusus ini dipilih dengan cermat yang mencakup kemandirian peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya komunikasi dan koordinasi dari orang tua juga kurangnya guru berdampak pada optimalisasi pelaksanaan program khusus. Pihak sekolah baik kepala sekolah dan guru mengupayakan untuk terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua dan merekrut guru yang belum lulus S1 dengan syarat sudah PPLK (Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan) karena pasti pernah terjun ke sekolah, Jadi mengutamakan guru dengan latar belakang pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus ini membuktikan bahwa SKh Al-Kautsar masih menjaga kualitas layanan pendidikannya melalui tenaga pendidik sebagai eksekutor dalam memberikan layanan pendidikan.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/44367/}, abstract = {Special programs are programs intended for people with disabilities by adapting their needs and abilities. A special program is also defined as a replacement, transfer of a function that is lacking or missing from an individual's abilities in order to replace or compensate for that function so that a school or special program organizer is needed to implement the special program. The aim of this research is to find out how to implement special programs for students with disabilities at SKh Al-Kautsar Cilegon. The type of research used was descriptive qualitative. The informants for this research were 1 principal and 5 teachers according to the number of categories of students with disabilities at SKh Al-Kautsar, namely; blind, mentally retarded, deaf, quadriplegic and autistic. Data was collected through documentation, interviews, observations and field notes. The data analysis used is data reduction and data presentation. The results of this research are that the management of implementing special programs for students with disabilities prioritizes student independence so that teachers create special programs that are tailored to the needs and abilities of students and these special programs are carefully selected to include student independence in everyday life. Lack of communication and coordination from parents as well as a lack of teachers has an impact on optimizing the implementation of special programs. The school, both principals and teachers, strive to continue to communicate and coordinate with parents and recruit teachers who have not graduated from S1 with the condition that they have PPLK (Educational Field Experience Practice) because they must have been involved in school, so they prioritize teachers with special educational backgrounds or This special education proves that SKh Al-Kautsar still maintains the quality of its educational services through teaching staff as executors in providing educational services.}, keywords = {Management, Special Programs, Persons with Disabilities, Special Schools. Tata Laksana, Program Khusus, Penyandang Disabilitas,} }