eprintid: 44214 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 18743 dir: disk0/00/04/42/14 datestamp: 2025-03-13 03:08:04 lastmod: 2025-04-12 02:44:10 status_changed: 2025-04-12 02:44:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Nur creators_id: 7782210003 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ruhiat, Yayat contributors_name: Anriani, Nurul contributors_id: 19640811 199903 1 001 contributors_id: 19820119 200604 2 003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU KEGURUAN corp_creators: TEKNOLOGI PENDIDIKAN title: Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Guru terhadap Kemampuan Praktik Siswa melalui Adversity Intelligence dan Pembelajaran Tutor sebaya di SMKN 1 Kramatwatu ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB2300 divisions: s3pend divisions: PASCA full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran berdiferensiasi guru, pembelajaran tutor sebaya. adversity intelligence dan kemampuan praktik siswa note: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya. date: 2024 date_type: published pages: 451 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Doctor Pendidikan thesis_type: doctoral thesis_name: phd citation: Hidayat, Nur (2024) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Guru terhadap Kemampuan Praktik Siswa melalui Adversity Intelligence dan Pembelajaran Tutor sebaya di SMKN 1 Kramatwatu. Doktoral thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/5/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/6/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/7/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/8/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/9/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/10/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/11/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44214/12/Disertasi%20Nur%20Hidayat%207782210003_Lamp.pdf