@phdthesis{eprintuntirta44101, year = {2024}, author = {INDAH CAHAYA MULIYA}, title = {PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MENGENAI KARIR SETELAH LULUS TERHADAP MINAT MENJADI PENDIDIK (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta persepsi mahasiswa tentang minat menjadi pendidik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara, serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2020 dan 2021 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengenai karir setelah lulus yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa mahasiswa mempersiapkan diri untuk mencapai karir dengan melakukan eksplorasi melalui seminar yang berkaitan dengan karir yang di minati, mahasiswa juga melakukan persiapan karir dengan mengetahui tentang dunia kerja melalui berbagai program diantaranya program kampus mengajar serta studi independen untuk meningkatkan kemampuan dan penguatan terhadap keputusan karir yang akan di ambi. Selanjutnya setelah melakukan perencanaan, eksplorasi, mengetahui seputar dunia kerja mahasiswa mulai melakukan realisasi keputusan karir dengan mengetahui pilihan karir yang akan di ambil. Dari hasil penelitian yang di lakukan pada 27 mahasiswa terkait realisasi keputusan karir di dapati hasil bahwa sebanyak 18 mahasiswa memiliki minat untuk menjadi pendidik, 2 mahasiswa memiliki minat di bidang sosial, 5 mahasiswa di bidang politik dan 2 mahasiswa memiliki minat dibidang wirausaha. Kemudian persepsi mahasiswa terhadap minat menjadi pendidik diketahui sebanyak 18 mahasiswa dari memiliki minat untuk menjadi pendidik berdasarkan indikator ketertarikan serta perhatian yang dimiliki oleh mahasiswa terhadap profesi pendidik.}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, keywords = {Student Perceptions, Career, Interest in becoming an educator Persepsi Mahasiswa, Karir, Minat menjadi pendidik}, abstract = {This research aims to find out about students' perceptions of Pancasila and Citizenship Education as well as students' perceptions about their interest in becoming educators. This type of research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection uses interview observation techniques and documentation. The informants for this research are students of Pancasila and Citizenship Education class 2020 and 2021 who have actively attended lectures. The results of this research show that the perception of Citizenship Education students regarding careers after graduation is very important to plan from the start, by knowing career planning from the start it is easier for students to know what steps they will take in achieving a career and students can prepare themselves to achieve a career by doing Exploration of the majors they are interested in, especially in the education major, students can explore through webinars as well as teaching activities through campus teaching programs and other activities related to the career they will choose after graduating. Students who are involved in the world of education are indeed prepared to become educators in the future, therefore students must have the interest and motivation to prepare themselves to become educators. Students' perceptions of their interest in becoming educators are influenced by their circumstances and desires. Eight out of eleven informants have an interest in educators and want to become educators in the future, therefore the research informants chose to continue their education as preparation for becoming educators.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/44101/} }