TY - THES AV - restricted M1 - sarjana TI - PENGARUH TEKANAN DAN TEGANGAN LISTRIK TERHADAP VOLUME BAHAN BAKAR FUEL INJECTOR JENIS COMMON RAIL SYSTEM PADA MESIN DIESEL ID - eprintuntirta44043 PB - Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Y1 - 2019/// A1 - RIZKILLAH, FATHAN ADNAN UR - https://eprints.untirta.ac.id/44043/ N2 - Injektor merupakan bagian penting dalam sistem pengapian pada motor bakar. Sistem injeksi bahan bakar modern dengan akumulator hidrolik tekanan tinggi Common Rail telah menggantikan sistem konvensional dengan injektor bahan bakar mekanis. Injektor adalah katup yang dioperasikan secara elektrik yang secara akurat mengontrol jumlah bahan bakar yang dikirimkan. Dengan menambahkan bahan bakar ke udara yang dihisap oleh mesin, campuran dibuat dengan rasio bahan bakar dengan udara yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa volume bahan bakar dan efisiensi termal yang dihasilkan dari pengaruh variasi tekanan idle condition dan tegangan listrik pada pengujian Injector Common Rail mesin diesel. Hasil pengujian memperlihatkan semakin tinggi tekanan injeksi dan tegangan listrik maka semakin besar kuantitas volume bahan bakar yang dihasilkan. Seiring meningkatnya tekanan injeksi maka konsumsi bahan bakar terus bertambah dengan interval rata-rata 2 ml, namun dengan width pulse maksimal dan kecepatan putaran serta daya efektif yang konstan membuat efisiensi termal semakin menurun. KW - Injector Common Rail KW - diesel KW - tekanan KW - voltase KW - efisiensi termal ER -