eprintid: 43756 rev_number: 57 eprint_status: archive userid: 10969 dir: disk0/00/04/37/56 datestamp: 2025-03-15 00:00:01 lastmod: 2025-03-21 02:03:28 status_changed: 2025-03-18 02:25:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramdani, Muhammad creators_id: 2289160019 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Roekmana, Giri Mustika contributors_name: Fujiawati, Fuja Siti contributors_id: 0022127805 contributors_id: 198803092015042002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN title: PENGGUNAAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN SENI PERAN UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 1 WARINGINKURUNG ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: Seni full_text_status: restricted note: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan modul pembelajaran seni peran untuk kelas XI SMA Negeri 1 Waringinkurung. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu upaya untuk terciptanya kegiatan belajar mengajar yang efektif antara guru dengan siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat menjadi solusi bagi guru untuk menyampaikan pembelajaran dengan cara yang berbeda namun tetap bisa dipahami oleh siswa. Pendekatan Kualitatif digunakan dengan metode observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkap modul pembelajaran seni peran dan proses penggunaannya pada mata pelajaran seni budaya untuk kelas XI SMA Negeri 1 Waringinkurung. Hasil penelitian memberikan pemahaman tentang apa itu modul pembelajaran seni peran dan proses penggunaannya. Implikasinya adalah untuk pengembangan metode dan media pembelajaran di masa mendatang. Kata kunci: Media Pembelajaran, Seni Peran, Modul Pembelajaran abstract: This research was conducted to determine the use of acting learning modules for the 11th grade at SMA Negeri 1 Waringinkurung. The use of learning media is one of the efforts to create effective teaching and learning activities between teachers and students. The use of learning media can be a solution for teachers to deliver lessons in a different way that can still be understood by students. A qualitative approach was used with direct observation, interviews, and documentation as the methods. This study reveals the acting learning modules and their utilization process in the cultural arts subject for the 11th grade at SMA Negeri 1 Waringinkurung. The research findings provide an understanding of what drama learning modules are and how they are used. The implication is for the development of teaching methods and learning media in the future. Keywords: Learning Media, Acting, Learning Module date: 2024-11-12 date_type: published pages: 135 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Ramdani, Muhammad (2024) PENGGUNAAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN SENI PERAN UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 1 WARINGINKURUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/17/Muhamad%20Ramdani_2289160019_fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/19/Muhamad%20Ramdani_2289160919_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/3/Muhammad%20Ramdani_2289160019_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/4/Muhammad%20Ramdani_2289160019_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/5/Muhammad%20Ramdani_2289160019_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/6/Muhammad%20Ramdani_2289160019_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/7/Muhammad%20Ramdani_2289160019_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43756/8/Muhammad%20Ramdani_2289160019_Lamp.pdf