eprintid: 43652 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/04/36/52 datestamp: 2024-11-07 16:17:51 lastmod: 2024-11-07 16:17:51 status_changed: 2024-11-07 16:17:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PRASETYO, IRWAN TRI creators_id: 3331140340 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sudrajat, Agung contributors_name: Yusuf, Yusvardi corp_creators: Jurusan Teknik Mesin corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: MODIFIKASI DURASI CAMSHAFT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN SATU SILINDER 115 CC ispublished: pub subjects: T1 subjects: TJ divisions: Mesin full_text_status: restricted keywords: Motor, Performa, Modifikasi Camshaft , Lobe Separation Angle (LSA). abstract: Performa mesin yang kurang maksimal pada motor standar mengharuskan pengguna motor memodifikasi sektor mesin, salah satunya pada durasi camshaft. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa motor dengan memodifikasi durasi camshaft. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Laboraturium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Modifikasi dilakukan dengan merubah durasi camshaft dan lobe separation angle (LSA), dimana durasi camshaft standart pada katup intake 221ᴼ dan lobe separation angle 96.75ᴼ serta katup exhaust 202ᴼ lobe separation angle 84ᴼ. Modifikasi camshaft ke-satu dengan durasi katup intake 235ᴼ dan lobe separation angle 100.5ᴼ serta katup exhaust 235ᴼ dengan lobe separation angle (LSA) 102,5ᴼ yang akan dibandingkan dengan modifikasi camshaft ke-dua dengan durasi katup intake 260ᴼ dan lobe separation angle (LSA) 104ᴼ serta katup exhaust durasi 260ᴼ dengan lobe separation angle 107ᴼ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa performa mesin terbaik yakni menggunakan modifikasi camshaft ke-dua. Peningkatan torsi pada modifikasi camshaft adalah 19,182 % dan 22,902 % untuk modifikasi satu dan dua secara berturut-turut terhadap camshaft standar. Untuk peningkatan daya modifikasi camshaft terhadap camshaft standar adalah 7,378% dan 13,45% untuk modifikasi satu dan dua secara berturutturut. date: 2020 date_type: published institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Jurusan Teknik Mesin thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: PRASETYO, IRWAN TRI (2020) MODIFIKASI DURASI CAMSHAFT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN SATU SILINDER 115 CC. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43652/1/TUGASAKHIR%20FULL%20ISI.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43652/2/ABSTRACT%20PDF.pdf