@phdthesis{eprintuntirta43652, author = {IRWAN TRI PRASETYO}, year = {2020}, school = {Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, title = {MODIFIKASI DURASI CAMSHAFT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN SATU SILINDER 115 CC}, keywords = {Motor, Performa, Modifikasi Camshaft , Lobe Separation Angle (LSA).}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/43652/}, abstract = {Performa mesin yang kurang maksimal pada motor standar mengharuskan pengguna motor memodifikasi sektor mesin, salah satunya pada durasi camshaft. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa motor dengan memodifikasi durasi camshaft. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Laboraturium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Modifikasi dilakukan dengan merubah durasi camshaft dan lobe separation angle (LSA), dimana durasi camshaft standart pada katup intake 221? dan lobe separation angle 96.75? serta katup exhaust 202? lobe separation angle 84?. Modifikasi camshaft ke-satu dengan durasi katup intake 235? dan lobe separation angle 100.5? serta katup exhaust 235? dengan lobe separation angle (LSA) 102,5? yang akan dibandingkan dengan modifikasi camshaft ke-dua dengan durasi katup intake 260? dan lobe separation angle (LSA) 104? serta katup exhaust durasi 260? dengan lobe separation angle 107?). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa performa mesin terbaik yakni menggunakan modifikasi camshaft ke-dua. Peningkatan torsi pada modifikasi camshaft adalah 19,182 \% dan 22,902 \% untuk modifikasi satu dan dua secara berturut-turut terhadap camshaft standar. Untuk peningkatan daya modifikasi camshaft terhadap camshaft standar adalah 7,378\% dan 13,45\% untuk modifikasi satu dan dua secara berturutturut.} }