%X This research is to know defference among problem based learning model and discovery learning also high and low learning motivation on students outcome learning. The sample is taken with sampling method. Sample is taken by using nonprobability sampling technique including purposive sampling where the determination is chosen with some considerations. The sample used in this research as much as two classes of fourth grade students SDN Keranggot in Jombang, Cilegon. They are all students in class IV A and IV B. This technique is homogeneous which is they have no level. Method of this research is an experimental method by using treatment by level 2 x 2 design. Hypothesis 1, 2, and 3 has been analyzed by Two Way Anava with the significant 5% and made use of Software Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 23.00 for windows. Data analysis technique use two way ANOVA and scheffe analysis. Research result shows: The result of the first hypothesis showed that the significant value (2-tailed) is 0.000 with the significant level 0.05. Since 0.000 < 0.05, so that Ho is rejected and H1 is accepted. The result of second hypothesis obtained the significant value (2 – tailed) 0.049 with the significant level 0.05. since 0.049 < 0.05, so Ho is rejected and H1 is accepted. While the third hypothesis showed that the significant value (2 – tailed) was 0.035 with the significant level 0.05. Because of 0.035 < 0.05, so Ho was rejected and H1 was accepted. The fourth hypothesis used scheffe analysis. From this analysis, the researcher got 0.000 as the significant value (2 – tailed) with the significant level 0.05. since 0.000 < 0.05, so Ho is rejected and H1 is accepted. And the fifth hypothesis was analyzed by scheffe. The result showed that the significant value (2 – tailed) is 0.035 with a significant level 0.05. Because of 0.035 < 0.05, so that Ho is rejected and H1 is accepted. %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %A Ika Nurhaidah %O Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran dengan media gambar serta minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA. Sampel yang diambil menggunakan teknik sampling, teknik sampling merupakan teknik pengambilan sampel. Sampel disini diambil dengan teknik Nonprobability sampling yang meliputi purposive sampling yaitu dengan menggunakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak dua kelas. Maka sampel yang digunakan adalah dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas IVA dan kelas IVB, pada teknik ini bersifat homogen atau tidak memiliki strata. Untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Keranggot sebanyak 2 kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol, dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IV SDN Keranggot Kecamatan Jombang Kota Cilegon. Metode penelitian ini metode eksperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Analisis untuk menjawab hipotesis 1, 2 dan 3 yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anava Dua Jalur dengan signifikansi sebesar 5% dan menggunakan bantuan program Software Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 23.00 for windows. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan uji scheff. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil hipotesis 1 dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 dengan taraf signifikan hasil 0.05. Karena 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis 2 dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.049 dengan taraf signifikan hasil 0.05. Karena 0.049 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis 3 dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.035 dengan taraf signifikan hasil 0.05. Karena 0.035 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis 4 menggunakan analisis uji scheffe dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 dengan taraf signifikan hasil 0.05. Karena 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dan Hasil hipotesis 5 menggunakan analisis uji scheffe dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.035 dengan taraf signifikan hasil 0.05. Karena 0.035 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. %D 2019 %L eprintuntirta43627 %K Problem based learning (PBL) model, student learning motivation. Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar %T Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas IV SDN Keranggot Kota Cilegon