<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC\r\nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM"^^ . "Gokart sudah banyak diperlombakan di Indonesia.gokart menggunakan mesin\r\n2 langkah dengan spesifikasi mesin yang sudah diatur dalam peraturan\r\nperlombaan. Namun kini sudah mulai banyak perlombaan gokart dengan mesin 4\r\nlangkah dimana mesin lebih aman untuk manusia maupun lingkungan. Maka\r\nperlu dilakukan penelitian emisi gas buang dan bunyi untuk bisa dijadikan\r\nreferensi dalam perlombaan gokart dan untuk menjaga keamanan juga\r\nkeselamatan orang-orang yang terlibat dalam perlombaan. Pengujian emisi\r\ndilakukan menggunakan alat gas analyzer, sedangkan untuk uji emisi bunyi\r\nmenggunakan alat sound level meter. Pengambilan data ketika mesin dalam\r\nkondisi stanby menyala dan dalam keadaan gigi netral. Variasi yang digunakan\r\nadalah angka oktan bahan bakar 92 (Pertamax), 98 (Pertamax plus), dan 102\r\n(Avgas), dengan pengambilan pada setia rpm idle, 3000, 5000, 7000, dan 9000\r\npada masing-masing angka oktan bahan bakar. Data yang diinginkan untuk emisi\r\ngas buang adalah kandungan gas CO, HC, O2, CO2, NOx, sedangkan data dari\r\nemisi bunyi adalah nilai decibel yang dihasilkan mesin. Hasil terbaik untuk Emisi\r\ngas buang didapat dari bahan bakar dengan angka oktan 98. Karena memiliki hasil\r\nkandungan emisi gas CO, HC, CO2, O2, dan NOx dengan rata rata nilai\r\nkandungan masing masing sebesar 2.25%, 6012.4ppm, 1.98%, 14.33%, dan\r\n30.8ppm. Hasil emisi gas buang terburuk didapat dari bahan bakar dengan angka\r\noktan 102. Karena memiliki hasil kandungan emisi gas CO, HC, CO2, O2, dan\r\nNOx dengan rata rata nilai kandungan masing masing sebesar 1.636%, 8849ppm,\r\n0.42%, 17.63%, dan 19ppm. Hasil emisi bunyi terbaik diperoleh berdasarkan\r\nkecepatan mesin. karena kecepatan putaran mesin lebih berpengaruh dengan\r\nkenaikan sekitar 1-5 db disetiap kenaikan 2000 rpm. Sedangkan jika ditinjau\r\nberdasarkan angka oktan bahan bakar kenaikan rata ratanya hanya sebesar 1-2 db\r\npada setiap kenaikan angka oktan bahan bakar"^^ . "2021" . . . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . "Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . . . . . "Agung"^^ . "Sudrajat"^^ . "Agung Sudrajat"^^ . . "REZA ANUGRAH"^^ . "Y."^^ . "REZA ANUGRAH Y."^^ . . "Imron"^^ . "Rosyadi"^^ . "Imron Rosyadi"^^ . . "Jurusan Teknik Mesin"^^ . . . "Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . "ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC\r\nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM (Text)"^^ . . . "ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC\r\nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM (Text)"^^ . . . "abstrak - 2024-11-05T100641.003.pdf"^^ . . . "ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC\r\nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM (Other)"^^ . . . . . . "ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC\r\nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #43552 \n\nANALISA EMISI GAS BUANG PADA MESIN GOKART 150CC \nDENGAN VARIASI ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR DAN RPM\n\n" . "text/html" . . . "Q Science (General)"@en . . . "TJ Mechanical engineering and machinery"@en . .