eprintid: 43527 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/04/35/27 datestamp: 2024-11-04 15:35:53 lastmod: 2024-11-04 15:35:53 status_changed: 2024-11-04 15:35:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUJADID, CHOIRUL creators_id: 3331170066 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Caturwati, Ni Ketut contributors_name: Yusuf, Yusvardi corp_creators: Jurusan Teknik Mesin corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: PENGARUH PENGGUNAAN PISTON SEMI-DOME TERHADAP PERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 150CC FUEL INJECTION ispublished: pub subjects: Q1 subjects: TJ divisions: Mesin full_text_status: restricted keywords: Motor Bakar, Mesin DOHC 4 Katup, Piston Semi Dome abstract: Motor bakar merupakan salah satu mesin pembakaran dalam yang melakukan proses konversi zat kimia yang terkandung dalam bahan bakar menjadi energi termal melalui proses pembakaran dan menyalurkannya menjadi energi gerak melalui satu siklus operasi pada silinder mesin dengan empat langkah piston. Pada mesin 12K Satria FU memiliki potensi kenaikan tenaga. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tekanan kompresi, rasio kompresi, sfc, torsi dan daya yang dihasilkan sepeda motor Satria FU yang divariasi dengan piston standar dan piston yang sudah dimodifikasi yang menggunakan piston semi-dome. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji dynotest dan uji konsumsi bahan bakar. Langkah pertama yang dilakukan dengan mempersiapkan alat, bahan serta pengecekan kondisi dan melakukan tune up pada sepeda motor. Kemudian memasang piston semi dome tanpa adanya perubahan lain. Melakukan percobaan rasio kompresi, tekanan kompresi, dynotest, specific fuel consumption, serta analisa data. Dilakukan secara eksperimental dengan 3 variasi putaran mesin yakni 8000, 9000, dan 1000 rpm menggunakan alat dynamometer Leads Dyno Sport Device dan variasi piston yang digunakan adalah piston datar dan piston semi dome. Hasilnya menunjukan bahwa nilai tekanan kompresi piston semi dome lebih tinggi sebesar 29,5% dibanding dengan piston datar, rasio kompresi piston datar adalah 11,54 : 1 dan rasio kompresi dengan piston semi-dome sebesar 12,34 : 1. Pengaruh pada terhadap torsi tertinggi pada putaran mesin 10000 rpm yaitu pada penggunaan piston semi dome lebih tinggi 7,2% dibanding dengan menggunakan piston datar. Pengaruh terhadap daya tertinggi terjadi pada putaran mesin 10000rpm, dimana pada pengujian menggunakan piston semi dome lebih tinggi 7,24% dibanding dengan menggunakan piston datar. Pengaruh terhadap SFC paling tinggi terjadi pada putaran mesin 9000rpm pada pengujian menggunakan piston semi dome lebih irit 3,24% dibanding dengan menggunakan piston semi dome. date: 2021 date_type: published institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Jurusan Teknik Mesin thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: MUJADID, CHOIRUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN PISTON SEMI-DOME TERHADAP PERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 150CC FUEL INJECTION. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43527/1/Laporan%20Skripsi%20-%20Choirul%20Mujadid%20-%20Teknik%20Mesin.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/43527/2/ABSTAK%20skripsi%20-%20Choirul%20Mujadid.pdf