%0 Thesis %9 S1 %A HARYATI, LINA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, %B PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR %D 2024 %F eprintuntirta:43167 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Kinemaster, Learning Results, Science Learning Media, Water Cycle, Zepeto. Hasil Belajar, Kinemaster, Media Pembelajaran IPA, Siklus Air, Zepeto. %P 148 %T Pengembangan Video Pembelajaran IPA Melalui Aplikasi Zepeto Kinemaster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Sekolah Dasar %U https://eprints.untirta.ac.id/43167/ %X This research was motivated by problems that occurred at school. These problems include book media which is the main source for students when carrying out science learning, school infrastructure is not used optimally, and there is a lack of training for teachers to make interesting learning videos. This research aims to develop science learning videos through the Zepeto Kinemaster application to improve student learning outcomes on water cycle material in elementary schools, determine the feasibility of learning video media created as a learning support tool for students, determine students' responses to the media being developed, and find out how to improve student learning outcomes through developed learning videos. This research uses research methodology Research and Development (R&D) with the ADDIE model development procedure (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The media feasibility results carried out by the media expert team and the material expert team showed that the feasibility of the science learning video media from the media expert team got a score of 86.6%, the feasibility assessment according to the material experts got an average score of 89.5%. Students' responses to science learning video media showed a positive response with an average score of 97%. The increase in student learning outcomes in the water cycle material showed good improvement with a score of 0.8. The assessment instrument was carried out by a team of experts and student responses were obtained using a questionnaire that had previously been validated by instrument experts. So it can be concluded that this research produced a science learning video media product through the Zepeto Kinemaster application to improve student learning outcomes on water cycle material in elementary schools. The feasibility percentage of media experts is in the "Very Valid" category, material experts are in the "Very Valid" category, student responses to learning media are in the "Very Valid" category, and student learning outcomes are in the "High" category. So the science of learning video media through the Zepeto Kinemaster application is suitable for use as learning media in elementary schools. %Z Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di sekolah. Permasalahan tersebut diantaranya media buku merupakan sumber utama bagi peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran IPA, sarana prasarana di sekolah tidak digunakan secara maksimal, serta guru minimnya pelatihan bagi guru untuk membuat video pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran IPA melalui aplikasi Zepeto Kinemaster untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di Sekolah Dasar, mengetahui kelayakan media video pembelajaran yang dibuat sebagai alat penunjang pembelajaran bagi peserta didik, mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan, serta mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil kelayakan media yang dilakukan oleh tim ahli media dan tim ahli materi menunjukkan bahwa kelayakan dari media video pembelajaran IPA dari tim ahli media mendapatkan skor sebesar 86,6%, penilaian kelayakan menurut ahli materi yang mendapatkan skor rata-rata sebesar 89,5%. Respon peserta didik terhadap media video pembelajaran IPA menunjukkan respon positif dengan skor rata-rata yang didapatkan sebesar 97%. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi siklus air menunjukkan peningkatan yang bagus dengan perolehan skor sebesar 0,8. Instrumen penilaian yang dilakukan oleh tim ahli dan respon peserta didik diperoleh dengan menggunakan angket yang sebelumnya sudah di validasi oleh ahli instrumen. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini menghasilkan produk media video pembelajaran IPA melalui aplikasi Zepeto Kinemaster untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di Sekolah Dasar. Persentase kelayakan dari ahli media termasuk kategori “Sangat Valid”, ahli materi termasuk kategori “Sangat Valid”, respon siswa terhadap media pembelajaran termasuk kategori “Sangat Valid”, dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori “Tinggi. Sehingga media Video Pembelajaran IPA melalui aplikasi Zepeto Kinemaster layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.