eprintid: 42859 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 8079 dir: disk0/00/04/28/59 datestamp: 2024-10-09 12:24:13 lastmod: 2024-10-09 12:24:13 status_changed: 2024-10-09 12:24:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Namlatul Humairoh, Ratu creators_id: 6662200096 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nursih Wahyuni, Isti contributors_id: 197508102005012001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: ILMU KOMUNIKASI title: PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PANTAI PANDAN CARITA ispublished: pub subjects: communication-general divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Digital Marketing, Visiting Decision, and Integrated Marketing Communication Theory. Digital Marketing, Keputusan Berkunjung, dan Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu. note: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, memiliki peranan penting pada berbagai kegiatan bisnis, khususnya pada penggunaan internet dan media sosial. Digital marketing adalah pemanfaatan internet dan teknologi dalam menciptakan dan menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen (Coviello dalam Fawaid, 2017). Konsep yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan pemasaran di dunia digital adalah memperhatikan isi konten yang akan disampaikan pemasar sehingga menciptakan pemikiran irasional untuk dapat mempengaruhi keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pemasaran digital yang dilakukan Pantai Pandan Carita terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Tingginya frekuensi wisatawan berkunjung akan berdampak positif pada pengenalan budaya serta pembangunan daerah. Pada penerapannya, penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Pemasaran Terpadu dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada wisatawan yang pernah berkunjung serta mengakses akun Instagram milik Pantai Pandan Carita dengan cara menyebarkan kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil yang diperoleh ialah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada varaibel Digital Marketing (X) terhadap Keputusan Berkunjung (Y) dengan persentase sebesar 27,1%. Sementara itu, 72,9% lainnya merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. abstract: The development of information and communication technology today has an important role in various business activities, especially in the use of the internet and social media. Digital marketing is the use of the internet and technology in creating and establishing communication between companies and consumers (Coviello in Fawaid, 2017). The concept that must be considered in carrying out marketing activities in the digital world is to pay attention to the content that marketers will convey so as to create irrational thinking to influence consumer decisions. This study aims to determine and analyze the digital marketing carried out by Pandan Carita Beach on tourist visiting decisions. The high frequency of tourists visiting will have a positive impact on cultural recognition and regional development. In its application, this research uses the theory of Integrated Marketing Communication with quantitative research methods. This research was conducted on tourists who have visited and accessed Instagram accounts belonging to Pandan Carita Beach by distributing questionnaires. The questionnaire was distributed to 100 respondents using the Purposive Sampling technique. The results obtained are that there is a significant and positive influence on the Digital Marketing (X) variable on Visiting Decisions (Y) with a percentage of 27.1%. Meanwhile, the other 72.9% are other variables not examined in this study. date: 2024 date_type: published pages: 102 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Namlatul Humairoh, Ratu (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PANTAI PANDAN CARITA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/1/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/2/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/3/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/4/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/5/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/6/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/7/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/8/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42859/9/Ratu%20Namlatul%20Humairoh_6662200096_Lamp.pdf