%0 Thesis %9 S1 %A Tri Nurcahyo, Wibowo %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, %A Jurusan Ilmu Komunikasi, %B ILMU KOMUNIKASI %D 2024 %F eprintuntirta:42857 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Radio Republik Indonesia, Rebranding, Company Image Radio Republik Indonesia, Rebranding, Citra Perusahaan %P 182 %T REBRANDING DALAM PEMBAHARUAN CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA) %U https://eprints.untirta.ac.id/42857/ %X The increasingly developing era of technology and communication as well as media consumption styles that have changed towards the multiplatform era require all companies to adapt and adjust the needs of society to the services provided. The purpose of this research is to determine the role of RRI rebranding in representing the company's vision and mission, to determine the role of RRI rebranding in building a new company culture and to understand the role of rebranding in renewing the company's image. This research uses the Muzellec rebranding concept and Brand Strategy Theory. This research method is a case study with a qualitative approach. Data collection techniques include observation, interviews and documentation studies. The results of this research show that the role of rebranding is in representing the company's vision and mission internally. This rebranding will change the perspective, way of thinking and way of working in achieving goals. Apart from internally, RRI strengthens their vision and mission, namely to become a trusted and global Public Broadcasting Institution. To show RRI as a trusted institution, with the rebranding carried out, RRI is trying to adjust its programs and adjust the presentation of its content in the hope that more people will access and listen to RRI. Then, the role of rebranding in building a new company culture is that rebranding changes the mindset to follow the multiplatform era, so the way of thinking must also be multiplatform. Apart from that, the rebranding encourages RRI to develop capacity and competence in terms of service. After that, the role of rebranding in renewing the company's image is to become a forum for introducing innovation, creativity, and RRI adapting to change and convincing listeners that RRI is not a government mouthpiece, but RRI is a Public Broadcasting Institution which has actually become a tool to unify the nation in conveying information and serving consumer needs at all level public. %Z Semakin berkembangnya era teknologi dan komunikasi serta gaya konsumsi media yang sudah berubah menuju era multiplatform mengharuskan semua perusahaan untuk beradaptasi dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dengan layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran rebranding RRI dalam mewakili visi misi perusahaan, untuk mengetahui peran rebranding RRI dalam membangun budaya perusahaan yang baru dan untuk emnegtahui peran rebranding dalam memperbaharui citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan konsep rebranding Muzellec dan Teori Brand Strategy. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah diketahui peran rebranding dalam mewakili visi misi perusahaan secara internal rebranding tersebut akan mengubah cara pandang, cara pikir, dan cara kerja dalam mencapai tujuan. Selain secara internal, RRI menguatkan visi misi mereka, yaitu menjadi Lembaga Penyiaran Publik yang terpercaya dan mendunia. Untuk menunjukkan RRI sebagai lembaga yang terpercaya, dengan rebranding yang dilakukan RRI berusaha menyesuaikan program dan menyesuaikan penyajian kontennya dengan harapan semakin banyak yang mengakses dan mendengarkan RRI. Lalu, peran rebranding dalam membangun budaya perusahaan yang baru adalah rebranding tersebut mengubah mindset mengikuti zaman yang sudah multiplatform maka cara pikirnya juga harus multiplatform. Selain itu, rebranding tersebut mendorong RRI untuk mengembangkan kapasitas dan kompetensi dalam hal melayani. Setelah itu, peran rebranding dalam memperbaharui citra perusahaan adalah menjadi wadah untuk mengenalkan inovasi, kreativitas, serta RRI yang beradaptasi dengan perubahan serta meyakinkan pendengar bahwa RRI bukan corong pemerintah, tetapi RRI adalah Lembaga Penyiaran Publik yang justru menjadi alat pemersatu bangsa dalam menyampaikan informasi dan melayani kebutuhan konsumen pada semua lapisan masyarakat.