@phdthesis{eprintuntirta42634, title = {RELEVANSI STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 4 KOTA SERANG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Keberlangsungan penelitian ini berdasarkan pengamatan langsung di sekolah \& dukungan dari studi. Adapun tujuan penelitian ini (1) Mengetahui proses pelaksanaan PKL pada Kompetensi Keahlian TITL di SMKN 4 Kota Serang, (2) Mengetahui Standar yang diterapkan Kompetensi Keahlian TITL pada Program PKL, (3) Mengetahui tingkat relevansi standar kompetensi yang diterapkan di SMKN 4 Kota Serang dengan dunia industri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Penentuan narasumber pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diantaranya Wakasek Bid. Kurikulum, Wakasek Bid. Hubin, Kepala Jurusan TITL, Guru Mata Pelajaran Produktif TITL, dan Peserta Didik. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan bantuan software ATLAS.ti.9. Adapun temuan penelitian ini diantaranya (1) Proses Pelaksanaan PKL meliputi peran sekolah pada program PKL, penerapan kurikulum pada program PKL, teknis \& mekanisme pelaksanaan PKL, mekanisme penilaian PKL, standar kelulusan PKL, hubungan penerapan media pembelajaran dengan kebutuhan siswa, tantangan \& solusi pelaksanaan PKL, serta harapan sekolah terkait pengembangan program PKL. (2) Penerapan Standar Kompetensi TITL terdiri dari standar pembelajaran, pengaruh pembelajaran pada kompetensi siswa, dan upaya sekolah dalam pengembangan mutu. (3) Tingkat Relevansi Standar Kompetensi Keahlian TITL dipengaruhi dua faktor yaitu relevansi kompetensi keahlian dengan pelaksanaan PKL dan konsep pengintegrasian kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri. Kata kunci: PKL, Standar}, year = {2024}, author = {Rivan Wiguna}, abstract = {Sustainability of this research based on direct observation in school \& support from the study. The objectives of this study (1) To find out the process of implementation of the PKL in the ITL Expertise Competency at SMKN 4 Kota Serang, (2) Knowing the standards applied by the ITL Expertise Competency in the PKL Program, (3) Knowing the level of PKL implementation in the PKL Program, (3) Knowing the level of relevance of competency standards applied at SMKN 4 Kota Serang with the industrial world. SMKN 4 Kota Serang with the industrial world. The approach used in this research is qualitative with descriptive case study method. Determination of sources in this study using purposive sampling technique including Wakasek Bid. Curriculum, Hubin, Head of the ITL Department, ITL Productive Subject Teacher, and Students. The data collection in this study was carried out by observation, semi-structured interviews, and documentation. Data validity technique The data validity techniques used are Source Triangulation and Technique Triangulation. Analysis data analysis in this study using Miles and Huberman's theory with the help of ATLAS.ti.9 software. software ATLAS.ti.9. The findings of this study include (1) The PKL Implementation Process includes the role of the school in the PKL program, the application of the curriculum in the PKL program, technical \& mechanism for implementing PKL. PKL program, technical \& mechanism of PKL implementation, PKL assessment mechanism, PKL graduation standards, the relationship between the application of PKL graduation standards, the relationship between the application of learning media and student needs, challenges \& solutions to the implementation of PKL, as well as school expectations regarding the development of the PKL program. (2) Implementation of TITL Competency Standards consists of standar.}, keywords = {PKL, Standar Kompetensi, Relevansi.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/42634/} }