eprintid: 42512 rev_number: 44 eprint_status: archive userid: 5557 dir: disk0/00/04/25/12 datestamp: 2024-10-07 09:53:39 lastmod: 2024-10-07 09:53:39 status_changed: 2024-10-07 09:53:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jazilatusyifa, Jazilatusyifa creators_id: 2287200053 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: TANJUNG, YUNI contributors_name: MULIA, DEDI contributors_id: 198706282019032008 contributors_id: 197910172024211001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS title: Penggunaan Aplikasi Solite Kids Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Suku Kata Pada Siswa Tunagrahita Ringan Jenjang Smp Di Skh Madina Kota Serang ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: Khusus full_text_status: restricted keywords: Solite Kids application, reading syllables, mild mental retardation Aplikasi solite kids, membaca suku kata, tunagrahita ringan note: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca suku kata tunagrahita ringan jenjang SMP dengan menggunakan aplikasi solite kids sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperiment dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan One Grup Pre-test and Post-test lalu diolah dengan uji Wilxocon, subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa tunagrahita ringan jenjang SMP di SKh Madina Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang diambil adalah berupa tes. Aplikasi solite kids adalah aplikasi pembelajaran yang dapat mudah diakses oleh guru maupun orang tua untuk menjadi media pembelajaran, aplikasi ini berisikan materi pembelajaran salah satunya pembelajaran suku kata. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Wilxocon menunjukan bahwa Thitung = 6 pada tingkat signifikansi 0,05 dengan jumlah n = 3, diperoleh Ttabel = 0, maka H0 ditolak karena Thitung > Ttabel, artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi solite kids berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca suku kata pada siswa tunagrahita ringan jenjang SMP di SKh Madina Kota Serang. abstract: This study aims to improve the reading comprehension ability of mild intellectual disabilities junior high school students using the solite kids application as a learning medium. This study uses a pre-experimental research method with a quantitative approach with a One Group Pre-test and Post-test design then processed with the Wilcoxon test. The subjects in this study were 3 students with mild intellectual disabilities at junior high school level at SKh Madina, Serang City. The data collection technique used was a test. The Solite Kids application is a learning application that can be easily accessed by teachers and parents to be a learning medium, this application contains learning materials, one of which is learning syllables. Based on the results of the analysis using the Wilcoxon test, it shows that Tcount = 6 at a significance level of 0.05 with a total of n = 3, Ttable = 0 is obtained, then H0 is rejected because Tcount> Ttable, meaning that the hypothesis proposed in the study is accepted. This shows that the use of the Solite Kids application has an effect on improving the ability to understand reading syllables in students with mild intellectual disabilities at junior high school level at SKh Madina, Serang City. date: 2024 date_type: published pages: 146 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Jazilatusyifa, Jazilatusyifa (2024) Penggunaan Aplikasi Solite Kids Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Suku Kata Pada Siswa Tunagrahita Ringan Jenjang Smp Di Skh Madina Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/11/Jazilatusyifa_2287200053_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/12/Jazilatusyifa_2287200053_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/13/Jazilatusyifa_2287200053_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/14/Jazilatusyifa_2287200053_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/15/Jazilatusyifa_2287200053_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/16/Jazilatusyifa_2287200053_ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/17/Jazilatusyifa_2287200053_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/18/Jazilatusyifa_2287200053_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/42512/19/Jazilatusyifa_2287200053_01.pdf