TY - THES M1 - sarjana N1 - Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Pembelajaran SMK lebih mengutamakan penguasaan skill atau keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa. Hal ini dikarenakan memang tujuan SMK adalah untuk mendidik siswanya supaya memiliki keterampilan sesuai dengan jurusannya yang diperuntukan belekrja di industri. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajarana SMK adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang merupakan model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Hasil belajar yang diperoleh tidak semata berupa peningkatan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan keterampilan berfikir yang dapat diterapkan di permasalahan nyata. penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu (kuantitatif). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dikeelas eksperimen, dan adanya pengaruh hasil pembeljaran dikelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata ? rata skor postest kelas eksperimen dan skor postest kelas kontrol dengan menggunakan model pembelaajaran Problem Based Lerning berbantuan Modul dan Jobsheet pada hasil belajar di mata pelajaran Instalasi motor listrik. Maka adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Leraning terhadap hasil belajar siswa pada mata Instalsi Motor Listrik listrik EP - 208 Y1 - 2023/// KW - SMK KW - Problem based Learning KW - learning outcomes KW - modules KW - jobsheets words SMK KW - Problem based Learning KW - hasil belajar KW - modul KW - jobsheet N2 - This research is a quantitative study with a Quasy Experimental design which aims to determine the effect of using the Problem Based Learning learning model on student learning outcomes in the subject of electric motor installation. SMK learning prioritizes the mastery of skills or skills that must be owned by students. This is because the purpose of SMK is to educate its students so that they have the skills in accordance with their majors which are intended to work in industry. One learning model that is in accordance with the learning characteristics of SMK is the Problem Based Learning (PBL) learning model which is a learning model characterized by real problems as a context for students to learn critical thinking and problem solving skills. The learning outcomes obtained are not only in the form of increased knowledge, but also improve thinking skills that can be applied to real problems. quasi-experimental research or quasi-experimental (quantitative). There is a significant effect of using the Problem Based Learning model on learning outcomes in the experimental class, and there is an influence on learning outcomes in the control class. This shows that there is a significant difference between the average posttest scores of the experimental class and the posttest scores of the control class using the Problem Based Learning model assisted by Modules and Jobsheets in learning outcomes in the Electric Motor Installation subject. Then there is the influence of the Problem Based Learning learning model on student learning outcomes in the eyes of Electric Motor Installation ID - eprintuntirta42500 AV - restricted PB - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa A1 - Pertiwi, Devi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MODUL DAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK UR - https://eprints.untirta.ac.id/42500/ ER -