TY - THES Y1 - 2024/// TI - POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG N1 - Anak dengan hambatan autis adalah suatu gangguan kemampuan dalam bidang komunikasi, perilaku, emosi dan sensoris. Strategi komunikasi verbal pada anak autis dapat dilakukan dengan mengajak anak berbicara dengan perlahan dan menggunakan gerakan bibir yang jelas. Salah satu yang mendasari kemampuan komunikasi verbal berbicara pada anak autis yaitu pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua yang baik adalah aspek penting dan memiliki pengaruh besar dalam kemampuan komunikasi verbal berbicara pada anaka autis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan truangulasi sebagai pembanding atau pemeriksaan data serta mencegah kesalahan dalam analisis data. Pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orang tua terhadap kemampuan komunikasi verbal berbicara pada anak autis kelas VIII SMPKh Negeri 02 Kota Serang yaitu orang tua R dan H menerapkan pola asuh demokratis dan orang tua I dan D menerapkan pola asuh demokratis kombinasi pola asuh permisif. Pola asuh orang tua berpengaruh dalam mendorong kemampuan komunikasi verbal berbicara pada anak autis. AV - restricted UR - https://eprints.untirta.ac.id/42474/ M1 - sarjana ID - eprintuntirta42474 N2 - Children with autism have impaired abilities in the areas of communication, behavior, emotions and sensory. Verbal communication strategies for autistic children can be done by inviting the child to speak slowly and using clear lip movements. One of the things that underlies the verbal communication skills of speaking in autistic children is the parenting style of parents. Good parenting style is an important aspect and has a big influence on the verbal communication skills of children with autism. The research method used in this research is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection uses observation techniques, interviews, documentation and field notes. Data analysis was carried out in the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data is tested by triangulation as a comparison or examination of the data and preventing errors in data analysis. The parenting pattern applied by each parent to the verbal communication skills of speaking in class VIII autistic children at SMPKh Negeri 02 Serang City is that parents R and H apply a democratic parenting pattern and parents I and D apply a democratic parenting pattern combined with a permissive parenting pattern. Parenting patterns have an influence in encouraging verbal communication skills in children with autism. EP - 175 A1 - Astri Solikha, Ananda PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA KW - Parenting Patterns KW - Autisme KW - Verbal Communication Speaking Pola Asuh Orang Tua KW - Autis KW - Komunikasi Verbal Berbicara ER -