%0 Thesis %9 S1 %A Aisah, Nur %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprintuntirta:41565 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Beginning Reading, Flipchart Learning Media, Mentally Impaired. Membaca Permulaan, Media Pembelajaran Flipchart, Tunagrahita %P 111 %T PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI BENDA KOTA TANGERANG (Studi Eksperimen Single Subject Research (SSR) di kelas IV SD Negeri Benda Kota Tangerang) %U https://eprints.untirta.ac.id/41565/ %X This research aims to determine the increase in initial reading skills in grade IV mildly mentally retarded students at Benda Elementary School using flipchart learning media. This research is experimental research with a single subject research (SSR) approach. The research design used in this research uses an A-B-A design. The data obtained is analyzed using descriptive statistics and can be displayed via line graphs. The subject in this study focused on a mildly mentally retarded child in class IV who had problems in beginning reading. Based on the research results, it is known that the use of flipchart learning media can improve the beginning reading skills of mildly mentally retarded students in class IV at Benda Elementary School. This is shown to increase the average data acquisition for both target behaviors. The results obtained for target behaviors 1 (mentioning letters of the alphabet and syllables) in phase A1 (baseline-1) were 52%, after the intervention was carried out in phase (B) the average data obtained increased to 85.625%, and after the intervention was given The average data acquisition obtained in phase A2 (baseline-2) was 76%. Thus, the conclusion is drawn that the use of flipchart learning media can improve the beginning reading abilities of students with mild intellectual disabilities in grade IV at the Benda State Elementary School. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SD Benda dengan menggunakan media pembelajaran flipchart. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan dapat di tampilkan melalui garfik garis. Subjek dalam penelitian ini terfokus pada seorang anak tunagrahita ringan di kelas IV dengan permasalah dalam membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran flipchart dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di kelas IV SD Benda. Hal ini ditunjukan meningkatkannya rata- rata perolehan data pada kedua terget behavior. Hasil yang di dapat target behavior 1 (menyebutkan huruf abjad dan suku kata) pada fase A1(baseline-1) adalah 52%, setalah dilakukan intervensi pada fase (B) Rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 85,625% dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline-2) adalah 76%. Dengan demikian maka ditarik kesimpulanya bahwa penggunaan media pembelajaran flipchart dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Benda.