%0 Thesis %9 S1 %A Apriliya, Riska %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PRODI PENDIDIKAN KHUSUS, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprintuntirta:41406 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Addition Counting Operations, CPA (Concrete Pictorial Abstract) Method, Children with Mental Impairment Anak Tunagrahita, Metode CPA (Concrete Pictorial Abstract), Operasi Hitung Penjumlahan %P 165 %T PENGGUNAAN METODE CPA MELALUI MEDIA BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (Single Subject Research (SSR) Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB Di SKh Daru Sifa Lebak Banten) %U https://eprints.untirta.ac.id/41406/ %X This research was motivated by problems found at SKh Daru Sifa Lebak, the subjects of this research were mildly mentally retarded children in class VII SMPLB who were not yet able to add the results 6-10. This research aims to find out whether the use of the Concrete Pictorial Abstract (CPA) method using cuisenaire rods can improve the ability of 6-10 addition counting operations in research subjects. This research uses a quantitative approach with a Single Subject Research (SSR) type of research with an A-B-A design. The data collection technique used in this research is the test technique. The instrument for the test in this study used a learning outcomes test (achievement test). The data obtained was analyzed using descriptive statistics and displayed in tables and graphs. The analysis in this research uses analysis within conditions and analysis between conditions. Based on the results of research that has been carried out, the subject obtained an average percentage or mean level in the initial condition/baseline-1 (A1) obtained a result of 33.33% where in this phase in the subject's natural condition, then in the intervention phase (B) the subject was given intervention or treatment using the CPA method via cuisenaire stem media with a score of 91.12% and in the final condition/basline-2 (A2) a score of 77.78. The results of this research can be concluded that this research can answer the hypothesis that the use of the CPA method through cuisenaire stem media can improve the ability of addition arithmetic operations in mildly mentally retarded children in class VII SMPLB at SKh Daru Sifa. %Z Penelitian ini dilatarbelakngi oleh permasalahan yang ditemukan di SKh Daru Sifa Lebak, subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB yang belum mampu penjumlahan yang hasilnya 6-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Concrete Pictoral Abstract (CPA) melalui media batang cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan 6-10 pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Reaserch (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Instrumen untuk tes dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (achievement test). Data yang diperoleh di analisis menggunakan statistic deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, subjek memperoleh rata rata persentase atau mean level pada kondisi awal/ basline-1 (A1) memperoleh hasil 33,33 % dimana pada fase ini dalam kondisi alamiyah subjek, kemudian pada fase intervensi (B) subjek diberikan intervensi atau perlakuan menggunakan metode CPA melalui media batang cuisenaire dengan memperoleh nilai 91,12 % dan pada kondisi akhir/ basline-2 (A2) memperoleh nilai 77,78. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjawab hipotesis dimana penggunaan metode CPA melalui media batang cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SKh Daru Sifa.