%0 Thesis %9 S1 %A assudaesi, abdurrohman %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A BIMBINGAN DAN KONSELING, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprintuntirta:41376 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Self-Adjustment, Group Guidance, Sociodrama Technique, Pre-Experiment Penyesuaian – diri, Bimbingan Klompok, Teknik Sosiodrama, Pra-Eksperimen %P 118 %T EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PERGAULAN SISWA %U https://eprints.untirta.ac.id/41376/ %X The process of student self-adjustment in the school environment is a critical aspect in achieving social and academic balance. This study aims to see the effectiveness of sociodrama techniques in improving student self-adjustment at SMPN 1 Kresek for the 2023 - 2024 school year. This research is motivated by the self-adjustment problems experienced by adolescents in their social interactions, which can affect their academic achievement and psychosocial well-being. This study uses a pre-experimental approach with a one-group pre-test and post-test design. The research sample consisted of grade VII students of SMPN 1 Kresek. Data were collected using self-adjustment questionnaires before and after the treatment using sociodrama techniques was carried out. 10 students were selected by purposive sampling as research samples. This sample was then given treatment in the form of sociodrama techniques through group guidance for 5 meetings. The hypothesis test was carried out using the Wilcoxon Signed Ranks Test, and the results showed a significance value (Asymp. Sig. 2-tailed) of 0.005, which was smaller than the significance level of 0.05, so the hypothesis was accepted. The results of the study showed that the majority of students experienced an increase in the level of self-adjustment after being treated in the form of sociodrama techniques. This study provides evidence that sociodrama techniques are effective in helping students overcome the challenges of self-adjustment in the school environment. The practical implications of this study are the importance of applying sociodrama techniques as part of guidance and counseling services in schools to improve students' social-emotional competence. %Z Proses penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah merupakan aspek kritis dalam mencapai keseimbangan sosial dan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas teknik sosiodrama dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMPN 1 Kresek tahun ajaran 2023 - 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah penyesuaian diri yang dialami remaja dalam interaksi sosialnya, yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan kesejahteraan psikososial mereka. Studi ini menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPN 1 Kresek. Data dikumpulkan menggunakan angket penyesuaian diri sebelum dan setelah perlakuan menggunakan Teknik sosiodrama dilakukan. 10 siswa secara purposive sampling terpilih dijadikan sampel penelitian. Sampel ini kemudian diberikan treatment berupa teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok selama 5 kali pertemuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, dan hasilnya menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,005, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami peningkatan tingkat penyesuaian diri setelah pemberian perlakuan berupa Teknik sosiodrama. Penelitian ini memberikan bukti bahwa teknik sosiodrama efektif dalam membantu siswa mengatasi tantangan penyesuaian diri di lingkungan sekolah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan teknik sosiodrama sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan kompetensi sosial-emosional siswa.