%0 Thesis %9 S1 %A Widya Utari, Maya %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, %B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2024 %F eprintuntirta:41093 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Interactive E-LKPD, Discovery Learning, biotics abiotics around me, science communication skills, validation E-LKPD interaktif, Discovery Learning, biotik abiotik di sekitarku, keterampilan komunikasi sains, validasi %P 307 %T Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning dengan tema Biotik Abiotik di Sekitarku untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik %U https://eprints.untirta.ac.id/41093/ %X Science communication skills are one of the 21st century skills that students must have and must be mastered in science learning because they can train the skills of expressing opinions, changing the form of presenting data, and conveying the results of activities carried out, but based on the results of interviews at two schools in Cilegon City The problem was found to be low science communication skills because the teaching materials used did not facilitate students in practicing their skills in expressing opinions, changing the form of presenting data, and conveying the results of activities they had carried out. Science communication skills can be trained using learning model syntax as a reference in the teaching materials being developed, one of the learning model syntaxes that is in line with training skills in expressing opinions, changing the form of presenting data, and conveying observation results is Discovery Learning syntax. This research aims to analyze the level of validity of developing interactive E-LKPD based on Discovery Learning with the theme biotic abiotic around me to train students' science communication skills. The research method used is Research and Development (R&D) according to Borg and Gall which is modified according to the needs of researchers which is carried out up to the product revision stage. The instrument used in this research is an expert validation questionnaire sheet which has been tested by instrument experts to determine the level of validity of the interactive E-LKPD being developed. Data was analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this research are based on the percentage of scores from experts, namely material experts at 84.1%, teaching materials experts at 93.2% and practitioner experts at 84.1% in the "Very Valid" category. This shows that interactive E-LKPD based on Discovery Learning with the theme biotic abiotic around me is very valid for training students' science communication skills. %Z Keterampilan komunikasi sains adalah salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik dan wajib dikuasai dalam pembelajaran IPA karena dapat melatih keterampilan mengemukakan pendapat, mengubah bentuk penyajian data, dan menyampaikan hasil kegiatan yang dilakukan, namun berdasarkan hasil wawancara pada dua sekolah di Kota Cilegon didapati permasalahan yakni rendahnya keterampilan komunikasi sains karena bahan yang ajar yang digunakan tidak memfasilitasi peserta didik dalam melatih keterampilan mengemukakan pendapat, mengubah bentuk penyajian data, dan menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilakukan. Keterampilan komunikasi sains dapat dilatih menggunakan sintaks model pembelajaran sebagai acuan dalam bahan ajar yang dikembangkan, salah satu sintaks model pembelajaran yang sejalan dalam melatih keterampilan mengeemukakan pendapat, mengubah bentuk penyajian data, dan menyampaikan hasil pengamatan yakni sintaks Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kevalidan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Discovery Learning dengan tema biotik abiotik di sekitarku untuk melatih keterampilan komunikasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang dilaksanakan sampai tahapan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli yang telah diuji oleh ahli instrumen untuk mengetahui tingkat kevalidan E-LKPD interaktif yang dikembangkan. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan persentase nilai dari para ahli yaitu ahli materi sebesar 84,1%, ahli bahan ajar sebesar 93,2% dan ahli praktisi sebesar 84,1% dengan kategori “Sangat Valid”. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis Discovery Learning dengan tema biotik abiotik di sekitarku sudah sangat valid untuk melatih keterampilan komunikasi sains peserta didik.