@phdthesis{eprintuntirta41016, year = {2024}, author = {Vivi Rahmawati}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWTOON PADA TEMA LINGKUNGANKU TERCEMAR UNTUK MEMFASILITASI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Pada media pembelajaran yang sering digunakan di beberapa sekolah di kabupaten Serang digunakan yaitu slide power point (PPT) tetapi PPT yang dipakai guru masih kurang menarik karena terlalu banyak tulisan didalam PPT, gambar masih kurang dan tidak ada gambar. Maka dibutuhkan media yang mampu memfasilitasi minat belajar siswa yaitu dengan video pembelajaran berbasis powtoon dengan adanya animasi bergerak, gambar, dan suara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan tingkat kevalidan produk video pembelajaran IPA berbasis powtoon pada tema lingkunganku tercemar untuk menfasilitasi minat belajar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) Borg \& Gall yang diadaptasi dan peneliti menggunakan prosedur pengembangannya terdiri dari 3 langkah yaitu analysis (Research and information gathering), planing dan meningkatkan produk awal (Planning and preliminary product development) Dan validasi ahli serta revisi produk. Penelitian ini menghasilkan produk video pembelajaran IPA berbasis powtoon tema lingkunganku tercemar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi yang diisi oleh 1 validator materi, 1 validator media, dan 1 validator praktisi (guru IPA SMP). Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran IPA ini memiliki tingkat kevalidan pada aspek kelayakan isi 72,2\% oleh validator materi. Pada aspek kelayakan desain media 87,5\% oleh validator media dan 83,3\% oleh validator praktisi. Pada kelayakan kegrafikan 90,6\% oleh validator praktisi dan 87,5\% oleh validator materi. Pada aspek minat belajar 100\% oleh validator media dan 85\% oleh validator praktisi. Hasil rekapitulasi dari 3 validator yaitu (validator materi, validator media, dan validator praktisi) adalah 83,85\% dikategorikan sangat valid., sehingga produk video pembelajaran IPA berbasis powtoon yang dikembangkan dapat digunakan untuk memfasilitasi minat belajar siswa.}, keywords = {Learning videos, Powtoon, Learning Interests, and my environment is polluted Video pembelajaran, Powtoon, Minat Belajar, lingkunganku tercemar}, abstract = {In the learning media that is often used in schools in Serang Regency, the most often used is the power point slide (PPT), but the PPT used by teachers is still not interesting because there is too much writing in the PPT, pictures are still lacking and there are no pictures. Therefore, a media that is able to facilitate students' learning interests is needed, namely with powtoon-based learning videos with moving animations. The purpose of this study is to explain the level of validity of powtoon-based science learning video products on the theme of my environment is polluted to facilitate the learning interest of grade VII junior high school students. This study uses the Borg \& Gall Research and Development (R\&D) method which is adapted and the researcher uses the development procedure which only consists of 3 steps, namely analysis (Research and information gathering), planning and improving the initial product (Planning and preliminary product development) and expert validation and product revision.This research produced a powtoon-based science learning video product on the theme of my environment polluted. The research instrument used was a validation sheet filled out by 1 material validator, 1 media validator, and 1 practitioner validator (junior high school science teacher). The results of the study show that this science learning video has a validity level in the aspect of content feasibility of 72.2\% by the material validator. In terms of media design feasibility, 87.5\% were by media validators and 83.3\% were by practitioner validators. In the feasibility of graphing, 90.6\% by practitioner validators and 87.5\% by material validators. In terms of learning interest, 100\% by media validators and 85\% by practitioner validators. The recapitulation results of 3 validators, namely (material validators, media validators, and practitioner validators) are 83.85\% categorized as very valid., so that the powtoon-based science learning video products developed can be used to facilitate students' learning interests.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/41016/} }