TY - THES AV - restricted UR - https://eprints.untirta.ac.id/40695/ N1 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan objek sekolah tersebut yang kurangnya bahan ajar yang bervariatif serta wawasan pengetahuan tentang materi sejarah lokal yang belum banyak diketahui. Namun guru tetap berinisiatif untuk memberikan penugasan mencari informasi melalui internet. Penggunaan bahan ajar berbasis digital yang menarik disertai gambar dan narasi merupakan bahan ajar yang diinginkan oleh siswa. Untuk mengatasa permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan produk bahan ajar digital yang bisa membantu guru dan siswa dalam mempelajari dan menggali informasi yang belum banyak diketahui terkait peristiwa sejarah. Bahan ajar yang ditawarkan oleh peneliti adalah bahan ajar berbentuk flipbook yang memuat sejarah lokal mengenai ruwat bumi. Digital flipbook ini dipilih karena dapat memudahkan siswa dalam memahami Tradisi Ruwat Bumi Masyarakat Desa Kepuren dan membuat siswa lebih tertarik mempelajarinya. Bahan ajar berbentuk digital flipbook dapat dipelajari oleh siswa dimana saja dan kapan saja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan penilaian kelayakan ahli bahasa mendapatkan nilai 95,38%, ahli materi mendapatkan nilai 94,73%, serta ahli media mendapatkan nilai 95,71%, kemudian didapatkan hasil bahwa ketiga ahli validator tersebut memberikan penilaian dalam kategori ?sangat layak?. Adapun hasil penilaian dari uji kepraktisan guru termasuk pada kategori ?sangat praktis? dengan persentase 91,66%. Sedangkan pada hasil uji coba kepraktisan oleh 20 orang siswa termasuk pada kategori ?sangat praktis? dengan persentase 83% dan mampu menarik motivasi siswa dalam menggunakan bahan ajar digital flipbook dalam pembelajaran sejarah. Y1 - 2024/// TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH DIGITAL FLIPBOOK PADA MATERI RUWATAN BUMI MASYARAKAT DESA KEPUREN KECAMATAN WALANTAKA KOTA SERANG SISWA KELAS X IPS DI SMAN 8 KOTA SERANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL EP - 143 A1 - Shalsabila, Anida PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA KW - Development KW - Teaching Material KW - History KW - Digital Flipbook Pengembangan KW - Bahan Ajar KW - Sejarah KW - Digital Flipbook ID - eprintuntirta40695 M1 - sarjana N2 - This research is motivated by the problem of the school object which is the lack of varied teaching materials and knowledge insights about local history material that is not widely known. However, the teacher still took the initiative to provide assignments to find information via the internet. The use of attractive digital-based teaching materials accompanied by images and narratives is the teaching material desired by students. To overcome these problems, researchers developed digital teaching material products that can help teachers and students learn and explore little-known information related to historical events. The teaching materials offered by researchers are teaching materials in the form of flipbooks that contain local history about ruwat bumi. This digital flipbook was chosen because it can make it easier for students to understand the Ruwat Bumi Tradition of the Kepuren Village Community and make students more interested in learning it. Teaching materials in the form of digital flipbooks can be studied by students anywhere and anytime. The type of research used is R&D (Research and Development) research using the ADDIE model. Based on the feasibility assessment, the linguist received a score of 95.38%, the material expert received a score of 94.73%, and the media expert received a score of 95.71%, then the results showed that the three expert validators gave an assessment in the "very feasible" category. The assessment results from the teacher's practicality test were included in the "very practical" category with a percentage of 91.66%. Meanwhile, the results of the practicality trial by 20 students were included in the "very practical" category with a percentage of 83% and were able to attract student motivation in using digital flipbook teaching materials in learning history. ER -