eprintid: 40392 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 15848 dir: disk0/00/04/03/92 datestamp: 2024-08-21 08:59:51 lastmod: 2024-08-21 08:59:51 status_changed: 2024-08-21 08:59:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAUZI, ANHAR creators_id: 2283190022 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ABI HAMID, MUSTOFA contributors_name: DESMIRA, DESMIRA contributors_id: 199103122018031001 contributors_id: 201409012048 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO title: PENGARUH PELATIHAN KERJA LAPANGAN, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK SE-KOTA SERANG ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted keywords: Pelatihan Kerja Lapangan, Kemandirian Belajar, Bimbingan Karir, Kesiapan Kerja, SMK. Field Work Training, Self-Directed Learning, Career Guidance, Work Readiness, Vocational High School note: Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam lingkungan kerja. Faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan kerja siswa SMK, seperti pengalaman praktek kerja lapangan, kemandirian belajar, dan bimbingan karir, menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas 12 dengan jumlah populasi sebesar 6005, dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 365. Validitas kuesioner telah diuji menggunakan analisis konstruktif, dan reliabilitas internalnya diukur dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,897, menunjukkan reliabilitas yang sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribusi data tergolong normal, tidak ada indikasi multikolinearitas, dan model regresi bebas dari heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan kerja lapangan, kemandirian belajar, dan bimbingan karir memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Se-Kota Serang. Pelatihan kerja lapangan, kemandirian belajar, dan bimbingan karir masing-masing memberikan kontribusi yang berbeda terhadap kesiapan kerja siswa, dengan tingkat kontribusi yang berkisar antara 8,1% hingga 22%. Kombinasi ketiga faktor tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK abstract: Vocational Education in Vocational High Schools (SMK) plays a significant role in preparing students to become competent workers in Indonesia. The aim of research is to develop practical skills that can be applied in the workplace. Factors influencing the readiness of SMK students for work, such as field work experience, self-directed learning, and career guidance, are the focus of this study. This research is a field study using quantitative methods with data collection through observation and questionnaires. The data analysis techniques used are descriptive analysis and quantitative analysis. The study population consists of 12th-grade students with a total population of 6005, and sampling is done using purposive sampling with a sample size of 365. The validity of the questionnaire has been tested using constructive analysis, and its internal reliability is measured by a Cronbach's Alpha value of 0.897, indicating excellent reliability. The analysis results show that the data distribution is normal, there are no indications of multicollinearity, and the regression model is free from heteroskedasticity. The research findings indicate that field work training, self-directed learning, and career guidance significantly influence the readiness for work of SMK students in the city of Serang. Each of these factors contributes differently to students' readiness for work, with contribution rates ranging from 8.1% to 22%. The combination of these three factors also has a significant impact on the readiness for work of SMK students date: 2024 date_type: published pages: 130 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FAUZI, ANHAR (2024) PENGARUH PELATIHAN KERJA LAPANGAN, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK SE-KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/3/ANHAR%20FAUZI_2283190022_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/4/ANHAR%20FAUZI_2283190022_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/5/ANHAR%20FAUZI_2283190022_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/6/ANHAR%20FAUZI_2283190022_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/7/ANHAR%20FAUZI_2283190022_reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/8/ANHAR%20FAUZI_2283190022_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/9/ANHAR%20FAUZI_2283190022_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/10/ANHAR%20FAUZI_2283190022_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/40392/11/ANHAR%20FAUZI_2283190022_fulltext.pdf