%0 Thesis %9 S1 %A Utari, Mulya %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Jurusan Pendidikan Biologi, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprintuntirta:39864 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Augmented Reality (AR), chatbot, digital literacy, technology vertebrate, Augmented Reality (AR), chatbot, literasi digital, teknologi vertebrata, %P 220 %T PENGEMBANGAN CHATBOT TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB BAB MATERI ANIMALIA VERTEBRATA UNTUK MENUNJANG LITERASI DIGITAL SISWA %U https://eprints.untirta.ac.id/39864/ %X Lack of variation in the learning media used causes students' interest in learning to be lower. Types of technology-based learning media that can help visualize material are chatbots and augmented reality (AR). This research aims to develop an integrated Augmented Reality chatbot learning media in the sub-chapter material on vertebrate animals for class X SMA/MA and determine the suitability of the media through expert assessments and user response tests by teachers and students. The research method used in this research was development (Research and Development) which consists of the definition, design and development stages. The development stage consists of a validation stage by expert testing and a user response testing stage. The results of validation by material experts obtained an average score of 89% (very feasible) and by media experts obtained an average score of 88% (very feasible). The results of the teacher response test obtained an average score of 83% (very decent) and the student response test was 83% (very decent). Based on the research results, that the AR integrated chatbot learning media was accordance for the media in the Animalia vertebrata sub-chapter material to support digital literacy and is accordance for use. %Z Kurangnya variasi pada media pembelajaran yang digunakan menyebabkan perhatian siswa terhadap materi menjadi lebih rendah. Media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat membantu untuk visualisasi materi yaitu chatbot dan augmented reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran chatbot terintegrasi Augmented Reality pada sub bab materi animalia vertebrata kelas X SMA/MA serta mengetahui kelayakan media melalui penilaian ahli dan uji respon pengguna oleh guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap pengembangan terdiri dari tahap validasi oleh uji ahli dan tahap uji respon pengguna. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 89% (sangat layak) dan oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 88% (sangat layak). Hasil uji respon guru diperoleh nilai rata-rata 83% (sangat layak) dan uji respon siswa 83% (sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran chatbot terintegrasi AR layak menjadi media pada materi sub bab Animalia vertebrata untuk menunjang literasi digital layak untuk digunakan.