%O Tingginya kasus kekerasan seksual terhadap anak, dengan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2023 menunjukkan 3.000 kasus dari 3.547 aduan kekerasan terhadap anak. Anak-anak yang masih tidak berpengalaman dan belum memiliki pemahaman seksual yang memadai, sangat rentan menjadi korban. Oleh karena itu, pelatihan untuk mencegah kekerasan seksual sangat penting. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan media video animasi dalam meningkatkan personal safety skills pada siswa kelas V SD Negeri Gerem I Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa yang memiliki pemahaman rendah dan sedang mengenai personal safety skills berdasarkan hasil pretest. Siswa diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media video animasi selama 6 sesi, dengan fokus pada 3 aspek yaitu recognize, resist, dan report. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman personal safety skills siswa setelah diberikan perlakuan, dibuktikan dengan hasil rata-rata posttest 82,00 > pretest 55,60 dan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai sig. 0,005, sehingga Ha diterima karena nilai sig. < 0,05. Kesimpulannya, efektivitas layanan bimbingan kelompok yang dikombinasikan dengan media video animasi terbukti sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman personal safety skills siswa kelas V SD Negeri Gerem I Kota Cilegon. Guru BK disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam program layanan BK di sekolah. Sekolah juga diharapkan mendukung upaya peningkatan pemahaman personal safety skills siswa mengingat maraknya kasus kekerasan seksual. Penelitian selanjutnya disarankan mengembangkan layanan bimbingan kelompok dengan media, metode, dan teknik lainnya agar hasil lebih optimal. %A FAWZIYAH IKEYASHAH MAHRANI %L eprintuntirta38820 %T EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERSONAL SAFETY SKILLS SISWA (Studi Pra Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gerem I Kota Cilegon) %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Group Guidance, Animated Video Media, Personal Safety Skills Bimbingan Kelompok, Media Video Animasi, Personal Safety Skills %D 2024 %X The high incidence of child sexual abuse, as indicated by data from the Indonesian Child Protection Commission (KPAI) in 2023, which reported 3,000 cases out of 3,547 complaints of child violence, underscores the vulnerability of children who are inexperienced and lack adequate sexual understanding. Consequently, training to prevent sexual abuse is crucial. This study aims to test the effectiveness of group counseling services using animated video media in enhancing personal safety skills among fifth-grade students at SD Negeri Gerem I in Cilegon City. This research employs a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The research sample consists of 10 students who have low to moderate understanding of personal safety skills based on pretest results. The students were provided with group counseling services using animated video media over six sessions, focusing on three aspects: recognize, resist, and report. The research results indicate a significant improvement in students' personal safety skills understanding after the intervention, evidenced by the posttest mean score of 82.00 being greater than the pretest mean score of 55.60, and the Wilcoxon Signed Rank Test yielding a significance value of 0.005. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted since the significance value is < 0.05. In conclusion, the effectiveness of group counseling services combined with animated video media has been proven to be an effective strategy for enhancing the personal safety skills of fifth-grade students at SD Negeri Gerem I in Cilegon City. BK (guidance and counseling) teachers are recommended to use the findings of this study as a reference in their BK programs at schools. Schools are also expected to support efforts to enhance students' understanding of personal safety skills given the prevalence of sexual abuse cases. Future research is recommended to develop group counseling services with various media, methods, and techniques for more optimal results.