%0 Thesis %9 S1 %A Githa Wulandari, Selvia %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprintuntirta:38023 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K using learning center, textbooks, qualitative study, triangulacy data Penggunaan sumber belajar, buku paket, penelitian kualitatif, triangulasi data %P 81 %T PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PADA SUB KONSEP SISTEM SARAF DI SMA NEGERI 15 TANGERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/38023/ %X This study aims to know the advantage of using textbooks. by using textbooks teachers can be delivered what the topic is about and then learn of purposes completed. This study is a qualitative study with a phenomenology approach. A qualitative study aims to prove the advantage by using textbooks from observation data, interviews, documents, and taking a note on the field. the data from biology teachers and students grade 11 MIPA 2nd. final results of an interview before the study were mentioned by a teacher in textbooks and students' worksheets. at this point the results of an interview as the same as when the observation about studying activity ran off. using textbooks based on what the topic will be delivered. the problem when using textbooks some students forgot to bring a book with result that take a time to borrow it from the library %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan sumber belajar berupa buku paket. Penggunaan sumber belajar dapat membantu guru dalam hal menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk membuktikan manfaat penggunaan sumber belajar dengan cara penggabungan data dari observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan di lapangan. Pengambilan data kualitatif berasal dari guru mata pelajaran biologi dan peserta didik kelas XI MIPA 2. Pada hasil wawancara yang dilakukan pada saat prapenelitian disebutkan bahwa sumber belajar yang digunakan ketika pembelajaran yaitu berupa buku paket dan lembar kerja siswa (LKS). Hal ini sesuai dengan hasil observasi kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan buku paket. Penggunaan sumber belajar disesuaikan dengan materi yang akan dijelaskan oleh guru. Kendala penggunaan buku paket, terdapat peserta didik yang tidak membawa buku sehingga memerlukan waktu untuk meminjam terlebih dahulu di perpustakaan.