eprintid: 37680 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 14316 dir: disk0/00/03/76/80 datestamp: 2025-02-01 09:06:22 lastmod: 2025-02-01 09:06:22 status_changed: 2025-02-01 09:06:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIZ, RAMADANI creators_id: 1111170418 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Solapari, Nuryati contributors_name: Sariyah, Sariyah contributors_id: 197906022006042001 contributors_id: 198001202005012001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS HUKUM corp_creators: ILMU HUKUM title: PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH DALAM HAL TERJADINYA KERUSAKAN BARANG JAMINAN DI PT.PEGADAIAN (PERSERO) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di UPC Pegadaian Kelapa Dua) ispublished: pub subjects: K1 divisions: FH divisions: IH full_text_status: restricted keywords: Legal Protection, Pawnshops, guarantees for damaged goods. Perlindungan Hukum, Pegadaian, Jaminan Barang Rusak. note: Perlindungan hukum diberikan kepada masyarakat yang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pihak lain misalnya perusahaan atau lembaga. Konsumen yang menggunakan jasa di perusahan disebut sebagai nasabah. Nasabah Pegadaian dalam gadai biasanya menjadikan barang atau sertifikat sebagai jaminan dalam bertransaksi. Dalam penelitian ini, seorang nasabah yaitu Marhamah Oktafiami mengalami kerusakan barang jaminan dan meminta pertanggungjawaban kepada PT. Pegadaian (Persero). Peneliti tertarik untuk meneliti Bagaimana prosedur hukum yang dilakukan nasabah apabila terjadi kerusakan barang jaminan berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta Bagaimana tanggung jawab perusahaan dalam hal terjadi kerusakan barang yang dijaminkan oleh nasabah di PT. Pegadaian (Persero) UPC Pegadaian Kelapa Dua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Tanggung Jawab dan Teori Perlindungan Hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, dengan langsung melakukan penggalian data kepada nasabah pegadaian UPC Kelapa Dua, sumber datanya berupa data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, dan analisis data berupa analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini Perlindungan hukum yang diberikan kepada nasabah apabila terjadi kerusakan barang jaminan yaitu dengan cara preventif dan represif. Tanggung jawab perusahaan dalam hal terjadi kerusakan barang yang dijaminkan oleh nasabah di PT. Pegadaian (Persero) UPC Pegadaian Kelapa Dua yaitu sesuai dengan aturan yang tertera pada Surat Bukti Gadai Nomor 5 dan Pasal 25 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 31/POJK05/2016. abstract: Legal protection is given to people who carry out activities related to other parties, for example companies or institutions. Consumers who use services at a company are called customers. Pegadaian customers in pawning usually use goods or certificates as collateral in transactions. In this research, a customer, namely Marhamah Oktafiami, experienced damage to collateral and asked PT for responsibility. Pegadaian (Persero). Researchers are interested in examining what legal procedures are carried out by customers in the event of damage to collateral according to Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and what the company's responsibility is in the event of damage to goods guaranteed by customers at PT. Pegadaian (Persero) UPC Pegadaian Kelapa Dua. The theories used in this research are the Theory of Responsibility and the Theory of Legal Protection. The research method used is empirical juridical, by directly extracting data from UPC Kelapa Dua pawnshop customers, the data sources are primary and secondary data, data collection techniques are in the form of library studies, and data analysis is in the form of qualitative analysis. The results of this research are Legal protection provided to customers in the event of collateral damage is by preventive and repressive means. The company's responsibility in the event of damage to goods guaranteed by customers at PT. Pegadaian (Persero) UPC Pegadaian Kelapa Dua is in accordance with the rules stated in Pawn Proof Letter Number 5 and Article 25 paragraph (1) of Financial Services Authority Regulation No. 31/POJK05/2016. date: 2024 date_type: published pages: 102 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: FAKULTAS HUKUM thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AZIZ, RAMADANI (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH DALAM HAL TERJADINYA KERUSAKAN BARANG JAMINAN DI PT.PEGADAIAN (PERSERO) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di UPC Pegadaian Kelapa Dua). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/1/01.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%20Full%20Text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/3/03.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%2001.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/4/04.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%2002.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/5/05.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%2003.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/6/06.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%2004.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/7/07.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%2005.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/8/08.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%20Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/37680/9/09.%20Ramadani%20Aziz%20_%201111170418%20_%20Lamp.pdf