eprintid: 36186 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 9021 dir: disk0/00/03/61/86 datestamp: 2024-06-20 09:51:17 lastmod: 2024-06-20 09:51:17 status_changed: 2024-06-20 09:51:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WALUYO, BINSAR creators_id: 2225200051 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: HENDRAYANA, AAN contributors_name: FATHURROHMAN, MAMAN contributors_id: 197503232003121001 contributors_id: 198209252006041001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA title: PENGELOLAAN BEBAN KOGNITIF TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA SERANG ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 subjects: QA divisions: FKIP divisions: Matematika full_text_status: restricted keywords: Management of Cognitive Load, Mathematical Proficiency, Mathematical Conceptual Understanding Ability, Mathematical Problem-Solving Ability, Initial Mathematical Ability Pengelolaan Beban Kognitif, Kecakapan Matematis, Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis. note: Dalam penerapannya, matematika bukan hanya sekadar menggunakan rumus dan melakukan perhitungan, melainkan juga mengembangkan kecakapan matematis. Kecakapan matematis yang penting untuk dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah, yang juga bergantung pada salah satu kecakapan matematis lainnya, yaitu kemampuan pemahaman konseptual. Namun, kenyataannya kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut berkaitan dengan bagaimana siswa mengelola dan memproses informasi yang mereka terima ketika mempelajari materi, dengan mempertimbangkan beban kognitif. Pembelajaran dengan memperhatikan beban kognitif diyakini mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 20 Kota Serang tahun ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran yang memperhatikan beban kognitif lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran pada umumnya baik dilihat dari kemampuan awal maupun tidak serta untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mengenai kecakapan matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian campuran dengan desain sequential explanatory. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan awal, tes pemahaman konseptual, dan tes kemampuan pemecahan masalah, sebagai instrumen tes dan angket, wawancara, serta dokumentasi sebagai instrumen non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran yang memperhatikan beban kognitif lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran pada umumnya baik dilihat dari kemampuan awal maupun tidak. abstract: In its application, mathematics is not only about using formulas and conducting calculations, but also about developing mathematical proficiency. One important mathematical proficiency to develop is problem-solving ability, which also depends on another mathematical proficiency, namely conceptual understanding ability. However, the reality is that the conceptual understanding and problem-solving abilities of students in Indonesia are still low. The low ability is related to how students manage and process the information they receive when studying the material, considering cognitive load. Learning while considering cognitive load is believed to enhance students' conceptual understanding and mathematical problem-solving abilities. This research was conducted at State Junior High School 20 in Kota Serang during the academic year 2023/2024. The research aims to determine whether students' conceptual understanding and mathematical problem-solving abilities with learning that considers cognitive load are better than students with conventional learning, both in terms of initial abilities and not, and to further understand students' mathematical skills based on their initial mathematical abilities. The method used in this research is mixed methods with a sequential explanatory design. The research instruments consist of initial ability tests, conceptual understanding tests, and problem-solving ability tests, as test instruments, and questionnaires, interviews, and documentation as non-test instruments. The results show that students' conceptual understanding and mathematical problem-solving abilities with learning that considers cognitive load are better than students with conventional learning, both in terms of initial abilities and not. date: 2024 date_type: published pages: 579 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: WALUYO, BINSAR (2024) PENGELOLAAN BEBAN KOGNITIF TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/8/Binsar%20Waluyo_2225200051_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/1/Binsar%20Waluyo_2225200051_%2001.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/2/Binsar%20Waluyo_2225200051_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/3/Binsar%20Waluyo_2225200051_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/4/Binsar%20Waluyo_2225200051_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/5/Binsar%20Waluyo_2225200051_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/6/Binsar%20Waluyo_2225200051_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/7/Binsar%20Waluyo_2225200051_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/36186/9/Binsar%20Waluyo_2225200051_CP.pdf