eprintid: 35851 rev_number: 35 eprint_status: archive userid: 12840 dir: disk0/00/03/58/51 datestamp: 2024-09-05 15:57:06 lastmod: 2024-09-05 15:57:06 status_changed: 2024-09-05 15:57:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Puspita Sari, Elsa creators_id: 2221200072 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ganiadi, Mochamad contributors_name: Darmawan, Dadan contributors_id: 196204221992031001 contributors_id: 201702012114 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN NONFORMAL title: Upaya Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Diri (Self Concept) Peserta Didik SMP Negeri 1 Kota Serang ispublished: pub subjects: L1 divisions: PNF divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Extracurricular, Extracurricular Management, Self-Concept Ability Ekstrakurikuler, Kemampuan Konsep Diri, Manajemen Ekstrakurikuler note: Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah merupakan kegiatan yang mewadahi peserta didik yang memiliki minat unuk mengikuti kegiatan tersebut sesuai dengan minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler juga dapat mempengaruhi peserta didik untuk dapat mengetahui dan meningkatkan serta menerapkan kemampuan konsep diri yang dimilikinya, maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan konsep diri peserta didik peran dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan konsep diri peserta didik SMP Negeri 1 Kota Serang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) kebijakan penyelenggaraan dari kegiatan ekstrakurikuler sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan peran kepala sekolah dan wakil kepala kesiswaan dalam menganalisis kebutuhan pembina dan juga peserta didik, juga dibuktikan dengan SOP yang dibuat oleh pihak sekolah terkait pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. (2) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kota Serang sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan tercapainya indikator dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dijalankan. (3) kemampuan konsep diri peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mendapatkan hasil yang baik dibuktikan dengan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat menjawab pertanyaan yang peneliti ajukan terkait aspek-aspek dasar dari konsep diri yakni citra diri, ideal diri, harga diri, ideal diri, dan identitas diri. abstract: Extracurricular activities are activities that are carried out outside of school hours, which are activities that accommodate students who have an interest in participating in these activities according to the interests, talents, hobbies, personality, and creativity of the students. Extracurricular activities can also influence students to be able to know and improve and apply their self-concept abilities, therefore to improve the self-concept abilities of students the role of implementing extracurricular activities is very necessary. The purpose of this study was to improve the self-concept ability of students of SMP Negeri 1 Kota Serang who participated in extracurricular activities. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The results of this study show that (1) The implementation policy of extracurricular activities has been running well, as evidenced by the role of the principal and deputy head of student affairs in analysing the needs of coaches and students, as well as the SOP made by the school regarding the implementation of extracurricular activities. (2) the management of extracurricular activities at SMP Negeri 1 Kota Serang has been running well as evidenced by the achievement of indicators of planning, organising, implementing, and supervising extracurricular activities carried out. (3) The self-concept ability of students who take part in extracurricular activities gets good results as evidenced by students who take part in extracurricular activities can answer questions that researchers ask related to the basic aspects of self-concept, namely self-image, self-ideal, self-esteem, self-ideal, and selfidentity. date: 2024 date_type: published pages: 242 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Puspita Sari, Elsa (2024) Upaya Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Diri (Self Concept) Peserta Didik SMP Negeri 1 Kota Serang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/3/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/4/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/5/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/6/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/7/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/8/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/17/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_Fulltext..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/35851/18/ELSA%20PUSPITA%20SARI_2221200072_01..pdf