%0 Thesis %9 S1 %A Dimas Pramestio, Mukhammad %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, %A JURUSAN ILMU KOMUNIKASI, %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %D 2024 %F eprintuntirta:35177 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Marketing, Humor Content, Instagram Pemasaran, Konten Humor, Instagram %P 108 %T PENGGUNAAN KONTEN HUMOR PADA MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK (Studi Kasus Pada @Vindes.store) %U https://eprints.untirta.ac.id/35177/ %X Product marketing via Instagram is crucial in a business, especially content in promotions which results in product sales. Vindes Store is an online store that uses Instagram with humorous content in marketing products. This research aims to use humorous content in marketing @Vindes Store products via social media, especially Instagram. The research uses a qualitative approach with a descriptive focus and the data collection techniques used are interviews and documentation. This research uses Chris Heuer's theory (Context, Communication and Collaboration). The research results show that in this Context, Vindes Store has succeeded in increasing the number of followers through humorous content related to daily life or viral trends, delivered with unique words. Vindes Store also uses an effective strategy in determining posting times, with a marketing focus on the adult child segment. In terms of Communication, Vindes Store uses a marketing approach that focuses on Instagram with visual content that presents detailed product information. They respond to customer complaints quickly, using polite and polite language. In terms of Collaboration, Vindes Store succeeded in increasing product sales through Collaboration with its followers who reposted, which was also combined with give away activities held by Vindes Store. %Z Pemasaran produk melalui instagram menjadi hal yang krusial di dalam suatu bisnis terutama pada konten di dalam promosi yang berakibat pada penjualan produk. Vindes Store adalah salah satu online store yang menggunakan instagram dengan konten humor di dalam memasarkan produk. Penelitian ini bertujuan pada penggunaan konten humor dalam pemasaran produk @Vindes Store melalui media Instagram. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Chris Heuer (Context, Communication dan Collaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal Context ini, Vindes Store berhasil meningkatkan jumlah pengikutnya melalui konten humor yang terkait dengan kehidupan sehari-hari atau tren viral, disampaikan dengan kata-kata yang unik. Vindes Store juga menggunakan strategi efektif dalam menentukan waktu posting, dengan fokus pemasaran pada segmen anak dewasa. Dalam hal Communication ini Vindes Store menggunakan pendekatan pemasaran yang berfokus pada Instagram dengan konten visual yang menyajikan informasi produk secara detail. Mereka merespons keluhan pelanggan dengan cepat, menggunakan bahasa humpr dan sopan. Dalam hal Collaboration, Vindes Store berhasil meningkatkan penjualan produk melalui kerjasama dengan pengikutnya yang melakukan repost, yang juga dikombinasikan dengan kegiatan give away yang diadakan oleh Vindes Store.