eprintid: 19491 rev_number: 38 eprint_status: archive userid: 3446 dir: disk0/00/01/94/91 datestamp: 2023-01-06 11:30:06 lastmod: 2023-01-06 11:30:06 status_changed: 2023-01-06 11:30:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: novalianawijayanti@gmail.com creators_name: Wijayanti, Novaliana creators_id: 2224180013 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dwi Lestari, Iing contributors_name: Utari, Enggar contributors_id: 197704172008122001 contributors_id: 197103152002122001 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Analisis Efikasi Diri, Keterampilan Komunikasi Interpersonal, dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Kramatwatu ispublished: submitted subjects: BF subjects: L1 subjects: communication-general divisions: FKIP divisions: Biologi full_text_status: restricted keywords: efikasi diri, hasil belajar biologi, keterampilan komunikasi interpersonal, penelitian kualitatif deskriptif note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi diri, keterampilan komunikasi interpersonal, dan hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 1 Kramatwatu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari hasil angket efikasi diri dan angket komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kramatwatu semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sumber data sekunder berupa hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) dan nilai praktikum. Hasil data primer diperjelas dengan lembar wawancara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Uji keabsahan data yang diperoleh dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles & Huberman. Nilai rata-rata efikasi diri siswa dalam kategori tinggi yaitu 77,45. Nilai rata-rata keterampilan komunikasi interpersonal siswa dalam kategori tinggi yaitu 77,83. Nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang meliputi ranah kognitif dari hasil PTS yaitu 71,65 dalam kategori baik. abstract: This research aims to determine the self-efficacy, interpersonal skills, and learning outcomes of biology students at SMA Negeri 1 Kramatwatu. This study is a descriptive qualitative study with a phenomenological approach. The main data sources in this study were the results of self-efficacy and interpersonal communication questionnaires for IPA 1 SMA Negeri 1 Kramatwatu grade XI students in the even-numbered semester of the 2021/2022 academic year. Secondary data sources are Mid-Semester Assessment (PTS) scores and practice scores. The results of the primary data were refined using questionnaires from teachers and students. Data collection methods using non-test methods. The reliability of the obtained data was checked using the source triangulation method. The data analysis method in this study uses the Miles & Huberman analysis model. The average value of self-efficacy of students of the highest category is 77.45. The average value of interpersonal skills of students in the highest category is 77.83. The mean value of learning outcomes for biology students that include the cognitive area from PTS results is 71.65 in the good category. publication: Analisis Efikasi Diri, Keterampilan Komunikasi Interpersonal, dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Kramatwatu pages: 151 thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana refereed: FALSE referencetext: DAFTAR PUSTAKA Anderson, Lorin W. Dan Krathwohl’s, David R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen: Revisi Taksonomi Bloom.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Andromeda, S. (2014). Hubungan antara empati dengan perilaku altruisme pada karang taruna desa pakang. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta. Awaluddin, A. (2019). Pengaruh Self Efficacy dan Self Esteem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Gowa. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Azwar, S. (2013). Skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191. Bandura, A. (1997). Self-efiicacy: The exercise ofcontrol. New York: Freeman. Bandura, A. (2009). Self-Efficacy In Changing Societies. Inggris: Cambridge University Press. Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109–116. Byrne, R. A. B. & D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh (W. C. K. & R. Medya 10th ed.)). Jakarta: Penerbit Erlangga. Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia(5th ed.). Tangerang: Karisma Publishing Group. Dira Mustarah. (2013). Analisis Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi SMA Kelas X ditinjau dari Taksonomi Bloom. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dr. Purwanto, M. P. (2013). Evaluasi Hasil Belajar (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Farihah, F. (2014). Pengaruh self efficacy terhadap stres mahasiswa angkatan 2010 yang menyusun skripsi Fakultas Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim. Firdausi, A. (2011). Tingkat Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2011, 2012, dan 2013. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101. Fitriyana, N., Karmiyati, D., Yuniardi, M. S., & Widiantoro, D. (2020). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Baru. Jurnal Personifikasi, 11(1), 109–124. Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Hasana, D. W., & Asriwandari, H. (2017). Pemanfaatan waktu belajar siswa diluar jam belajar sekolah pada siswa sma negeri 1 bangkinang. Skripsi, Universitas Riau. Indrawan, R. & P. Y. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama. Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202-210. Kharisma, S. M. (2019). Hubungan antara Self Efficacy dengan Komunikasi Interpersonal pada Karyawan BPJS Keteneagakerjaan Medan. Skripsi, Universitas Medan Area. Krisniawan, E. (2014). Hubungan antara self efficacy dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana. Lesmana, A. (2019). Hubungan kecerdasan logis matematis dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar matematika SMP School of Universe. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 9–23. Lubis, A., & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Exelearning dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan lima puluh. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 128-140. Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi 10th. Edisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulanganya. Bogor: Ghalia Indonesia. Maryanti, S. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2), 1-8. Meinarno, E. A., & Sarwono, S. W. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Muamar, M. R., & Rahmi, R. (2017). Analisis keterampilan proses sains dan keterampilan kognitif siswa melalui metode praktikum biologi pada sub materi schizophyta dan thallophyta. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(1), 1-10. Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Nugroho, D. A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri dengan mengadaptasi model CORE untuk meningkatkan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 39–52. Nurhayati, N. (2015). Pengaruh Sikap dan Kebiasaan terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 247-254. OECD. (2016). PISA 2015 Results Excellence and Equity in Education. New York: Columbia University. Patacsil, F. F., & Tablatin, C. L. S. (2017). Exploring the importance of soft and hard skills as perceived by IT internship students and industry: A gap analysis. Journal of Technology and Science Education, 7(3), 347–368. Patriana, E. (2014). Komunikasi Interpersonal Yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan Dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta. Journal of Rural and Development, 5(2), 203-214. Pearson, J. C., Nelson, P. E., Titsworth, S., & Harter, L. (2017). Human communication. New York: McGraw-Hill Education. Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. Pratiwi, D. M. D., Sulistiono, S., & Budiretnani, D. A. (n.d.). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ceramah dan Praktikum pada Materi Gaya pada Siswa Kelas IV Sdn I Sebalor Kediri Tahun 2012/2013. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10(1), 1-4. Putra, A. (2018). Hubungan efikasi diri (self efficacy) dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di mtsn 8 tanah datar. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Putri, A. R., Maison, M., & Darmaji, D. (2018). Kerjasama dan kekompakan siswa dalam pembelajaran Fisika di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Jambi. EduFisika, 3(02), 32–40. Rahmadini, A. P. (2011). Studi Deskriptif Mengenai Self-Efficacy Terhadap Pekerjaan Pada Pegawai Staf Bidang Statistik Sosial Di Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Skripsi, Universitas Islam Bandung. Robbins Stephen, P. (2010). Perilaku Organisasi Jilid I. Yogyakarta: Aditia Media. Saefudin, A. A., & UPY, P. M. F. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii SMP BOPKRI 5 Yogyakarta (peer review).Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 1-10. Sagala, D. A. B., & Saragih, A. H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 209–222. Sahabuddin, C. (2015). Hubungan komunikasi belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah menengah kejuruan negeri I Kabupaten Majene. Jurnal Pepatuzdu, 10(1), 17–30. Saleh, A. M. (2007). Pola Komunikasi Sosial pada Masyarakat Pemukiman Tanean Lanjang di Kabupaten Sumenep Madura. Jurnal Interaktif, 1(2), 1-13. Sari, D. A., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Akademik Siswa Di Sma X Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 160–170. Sari, N. (2014). Korelasi Antara Sikap Terbuka dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Universitas Paramadina. Sholihah, I., Munawwir, Z., & Noervadila, I. (2020). Analisis Efikasi Diri Dalam Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas Xi Ma Darul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 66–76. Sihaloho, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62–70. Slameto, D. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung: PT. Rineka Cipta. Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suranto, A. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Wicaksono, G. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1(1), 61-78. Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2020). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 166–169. Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia group. citation: Wijayanti, Novaliana Analisis Efikasi Diri, Keterampilan Komunikasi Interpersonal, dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Kramatwatu. S1 thesis, UNSPECIFIED. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/9/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/2/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/4/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/5/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/6/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/7/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/8/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/19491/3/Novaliana%20Wijayanti_2224180013_02.pdf