%L eprintuntirta11914 %A SULASTRI GUSTIYANI %K Media Karikatur, Menulis, Karangan Narasi %T ENGARUH MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP INSAN MULYA KIBIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %D 2015 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan menulis narasi di SMP Insan Mulya Kibin selama ini yang dilakukan dengan teknik penugasan biasa. Guru memberi tugas menulis narasi tanpa menggunakan metode atau media yang menarik perhatian siswa sehingga pelajaran menulis karangan khususnya dalam menulis karangan narasi kurang menarik minat siswa. Pengajaran menulis khususnya menulis karangan di SMP Insan Mulya Kibin dilaksanakan oleh guru seadanya tanpa metode atau media yang menarik. Pembelajaran menulis karangan di sekolah hanya sekedar memenuhi syarat dalam kurikulum sehingga pembelajaran menulis karangan kurang mengarah kepada tujuan pembelajaran menulis karangan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasannya. Karikatur memungkinkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis narasi yang menarik perhatian siswa untuk mengungkapkan gagasan atau ide dengan melihat gambar karikatur tersebut sehingga memudahkan siswa dalam mengungkapkan gagasan dalam menulis narasi. Latar belakang tersebut mengantarkan peneliti ini pada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis narasi siswa di kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan media gambar karikatur terhadap menulis siswa di kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin? Rumusan masalah ini dikaji dengan menggunakan metode eksperimenPosttest Only Control Design dengan sampel kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Dengan demikian, jumlah sampel keseluruhan 40 siswa. Hasil penelitian yang yang telah dilakukan ini memperoleh simpulan sebagai berikut: (1) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin tanpa menggunakan media dengan jumlah siswa adalah 20 siswa dikategorikan kurang baik hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 63,15;(2) penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin sangat berpengaruh cukup kuat dan signifikan, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 73,05. Kata Kunci: Media Karikatur, Menulis, Karangan Narasi