<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ENGARUH MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN\r\nMENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP INSAN MULYA \r\nKIBIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan menulis narasi di SMP Insan\r\nMulya Kibin selama ini yang dilakukan dengan teknik penugasan biasa. Guru\r\nmemberi tugas menulis narasi tanpa menggunakan metode atau media yang menarik\r\nperhatian siswa sehingga pelajaran menulis karangan khususnya dalam menulis\r\nkarangan narasi kurang menarik minat siswa. Pengajaran menulis khususnya menulis\r\nkarangan di SMP Insan Mulya Kibin dilaksanakan oleh guru seadanya tanpa metode\r\natau media yang menarik. Pembelajaran menulis karangan di sekolah hanya sekedar\r\nmemenuhi syarat dalam kurikulum sehingga pembelajaran menulis karangan kurang\r\nmengarah kepada tujuan pembelajaran menulis karangan untuk meningkatkan\r\nkemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasannya. Karikatur memungkinkan\r\ndapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis narasi yang menarik perhatian\r\nsiswa untuk mengungkapkan gagasan atau ide dengan melihat gambar karikatur\r\ntersebut sehingga memudahkan siswa dalam mengungkapkan gagasan dalam menulis\r\nnarasi. Latar belakang tersebut mengantarkan peneliti ini pada rumusan masalah\r\nsebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis narasi siswa di kelas VIII\r\nSMP Insan Mulya Kibin? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan media gambar\r\nkarikatur terhadap menulis siswa di kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin? Rumusan\r\nmasalah ini dikaji dengan menggunakan metode eksperimenPosttest Only Control\r\nDesign dengan sampel kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan\r\nkelas VIII-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Dengan demikian, jumlah\r\nsampel keseluruhan 40 siswa. Hasil penelitian yang yang telah dilakukan ini\r\nmemperoleh simpulan sebagai berikut: (1) kemampuan siswa dalam pembelajaran\r\nmenulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Insan Mulya Kibin tanpa menggunakan\r\nmedia dengan jumlah siswa adalah 20 siswa dikategorikan kurang baik hal ini dapat\r\ndilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 63,15;(2) penggunaan\r\nmedia karikatur dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Insan\r\nMulya Kibin sangat berpengaruh cukup kuat dan signifikan, hal itu dapat dilihat dari\r\nnilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 73,05.\r\n \r\nKata Kunci: Media Karikatur, Menulis, Karangan Narasi"^^ . "2015" . . . "UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA"^^ . . . . . . . . . . . "Diana"^^ . "Tustiantina"^^ . "Diana Tustiantina"^^ . . "Asep"^^ . "Muhyidin"^^ . "Asep Muhyidin"^^ . . "SULASTRI"^^ . "GUSTIYANI"^^ . "SULASTRI GUSTIYANI"^^ . . "UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . "JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA"^^ . . . . . . . "ENGARUH MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN\r\nMENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP INSAN MULYA \r\nKIBIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Text)"^^ . . . . "HTML Summary of #11914 \n\nENGARUH MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN \nMENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP INSAN MULYA \nKIBIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015\n\n" . "text/html" . . . "PN0080 Criticism"@en . .