relation: https://eprints.untirta.ac.id/10169/ title: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KULINER KHAS BANTEN BERBAHAN DASAR BANDENG (StudiKasus Pada UMKM di Kota Serang) creator: PUTRI RIZKI, Syifa subject: Communication (General) description: Penelitian ini berangkat dari fenomena kurangnya inovasi dalam strategi komunikasi pemasaran dari para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menenghah) yang begerak dalam olahan kuliner berbahan dasar Ikan Bandeng di Kota Serang. Penelitian ini memfokuskan pada pengkajian karekteristik dan strategi komunikasi pemasaran kuliner khas Banten berbahan dasar Bandeng (studi kasus pada UMKM Kota Serang). Metode penelitiannya adalah pendekatan kualitaitf dengan desainpenelitianberupa deskriptifanalitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik UMKM produsenkulinerKhas Banten Berbahan Dasar Bandeng memilikipendekatandiantaranyamenjadikankuliner olahan Bandeng sebagaimakanancirikhasmasyarakatKota Serang dan dikategorikankedalamagroindustriyang kebanyakanusahainidilakukandalamskalausahakecil dan menengah yang tergolongkedalamindustrirumahtangga. Adapun Startegikomunikasipemasaran melalui stratgeipromosipenjualan (sales promotion) sepertimemberikandiskonkepadakonsumen dan membinakeakrabanantaraprodusen dan konsumen yang menjadikan promosiberantai. Kemudian strategi dengan penjualan personal (personal selling) dilakukancarakaryawanberinteraksilangsungdengan para konsumenuntuk mengenalkan proses pembuatanproduk dan mengenalkannilai-nilaimanfaatprodukdan konsumen mampuhmenghargaikualitasnya dan terpuaskan. Strategi dengandirect marketing (pemasaranlangsung) melalui ikutserta berbagaievent expo yang bekerjasamadengan salah satuinstansipemerintah yang ada di Kota Serang.Strategi hubunganmasyarakat (public relations) dilakukanoleh karyawandengan para konsumenseperti menjalinkeakrabandengan konsumen. Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk melihat langsung proses pembuatan produk kuliner berbahan dasar bandeng. Pendekatanhubunganmasyarakatdilakukan juga denganmenggelarberbagai momentertentusepertinontonbarengjikaadapertandingan bola besarsepertipiala dunia. date: 2022 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://eprints.untirta.ac.id/10169/1/SKRIPSI%20SYIFA%20PUTRI%20RIZKI%20%28%20OK%20%29.pdf identifier: PUTRI RIZKI, Syifa (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KULINER KHAS BANTEN BERBAHAN DASAR BANDENG (StudiKasus Pada UMKM di Kota Serang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.