Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH OLEH KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SERANG

WARDHANI, WISNU and Arenawati, Arenawati and Listyaningsih, Listyaningsih (2018) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH OLEH KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (WISNU WARDHANI NIM 6661 102419)
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

WISNU WARDHANI, 6661 102419. Skripsi. Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Serang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik. Pembimbing I Arenawati, M.Si., Pembimbing II Listyaningsih, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk melihat sejauhmana kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Serang. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Kurang ramahnya pegawai dalam mengurusi sertifikat yang diajukan oleh pemohon; 2). Pegawai kurang responsif terhadap keluhan dan pertanyaan yang diajukan oleh pemohon sertifikat tanah; 3). Minimnya sarana dan prasarana yang menunjang dalam pelaksanaan pelayanan pengurusan sertifikat tanah tersebut; 4). Munculnya oknum (calo) yang bisa membantu memuluskan pembuatan sertifikat dengan cepat dengan biaya yang cukup tinggi. Metode penelitian adalah Kuantitatif. Krajewski dan Ritzman dalam Wibowo, mengatakan bahwa pelanggan melihat kualitas dari dimensi, dimensi yang dimaksud sebagai berikut : 1). Conformance to Specifications; 2). Value; 3). Fitness for Use; 4). Support; 5). Psychological Impressions. Hipotesis awal: Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Serang kurang dari 65%. Analisis data menggunakan uji t-test satu sampel. Hasil penelitian yaitu Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Serang rendah tidak berjalan dengan optimal karena hanya mencapai angka 62,31%. Saran :1. Sosialisasi yang harus dilakukan secara gencar kepada masyarakat mengenai prosedur pelayanan pembuatan sertifikasi tanah beserta biaya nya agar tidak ada kebingungan mengenai pelayanan ini; 2. Sumber daya manusia yang bertugas disarankan untuk bisa lebih meningkatkan kompetensinya agar maksimal dalam pelayanan; 3. Daya tanggap petugas agar lebih ditingkatkan sehingga memperlancar dalam pelayanan; 4. Peningkatan infrastruktur yang menunjang dalam proses pelayanan sehingga meningkatkan mutu pelayanan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: WISNU WARDHANI, 6661 102419. Thesis. Quality of Service of Certificate of Land by Office of National Land Agency of Serang Regency. Study Program of State Administration Science. Faculty of Social and Political Sciences. Advisor I Arenawati, M.Si., Advisor II Listyaningsih, M.Si. This research is motivated by the desire of researchers to see how far the quality of land certificate service by the Land Office of Serang Regency. The problems in this research are: 1). Lack of friendly staff in handling the certificate filed by the applicant; 2). Employees are less responsive to complaints and questions posed by applicants for land certificates; 3). The lack of facilities and infrastructure that support the implementation of the land certificate service; 4). The emergence of elements (brokers) that can help smooth the creation of certificates quickly at a fairly high cost. The research method is quantitative. Krajewski and Ritzman in Wibowo, said that customers see the quality of the dimensions, the dimensions are as follows: 1). Conformance to Specifications; 2). Value; 3). Fitness for Use; 4). Support; 5). Psychological Impressions. Initial hypothesis: Quality of Service of Certificate of Land by Office of National Land Agency of Serang Regency less than 65%. Data analysis used one sample t-test. The result of the research is the Quality of Service of Certificate of Land by the Office of National Land Agency of Serang regency is not running optimally because it only reaches 62,31%. Suggestion: 1. Socialization must be done vigorously to the community regarding the procedure of land certification service and its costs so that there is no confusion about this service; 2. Human resources in charge suggested to be able to further improve its competence to maximize in service; 3. Responsiveness of officers to be more improved so that smoothly in service; 4. Improved infrastructure that supports the service process so as to improve the quality of service. Keywords: Quality of Service, Public Service
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:06
Last Modified: 19 Oct 2018 09:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item