Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Kuantitaf Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Penilaian Dedikasi Dan Kinerja Aparatur (SIPENDEKAR) Di BKPSDM Kabupaten Tangerang.

Linda Sari Hasibuan, Utami and Fuad, Anis and Waseh, Hasuri (2021) Analisis Kuantitaf Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Penilaian Dedikasi Dan Kinerja Aparatur (SIPENDEKAR) Di BKPSDM Kabupaten Tangerang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
ANALISIS KUANTITATIF KESUKSESAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN DEDIKASI DAN KINERJA APARATU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mewujudkan upaya meningkatkan kinerja pegawai ASN dan rekapitulasi kinerja pegawai meluncurkan aplikasi berbasis website yaitu Sistem Informasi Penilaian Dedikasi dan Kinerja Aparatur (SIPENDEKAR). Dalam penerapan sistem ini masih terdapat permasalahan seperti, (1) Performa server aplikasi SIPENDEKAR yang diakses oleh ribuan pegawai terkadang menyebabkan penggunaan aplikasi menjadi lambat dan (2) Belum tersedia fitur ‘input aktivitas khusus’. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesuksesan penerapan SIPENDEKAR dengan menggunakan pendekatan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survei dan dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 52 PNS di BKPSDM Kab. Tangerang. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan tetapi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna; kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna; kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna; penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manfaat–manfaat bersih; dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap manfaat–manfaat bersih. Saran untuk penelitian ini adalah meningkatkan kapasitas server yang dapat menampung sebanyak 10.247 PNS Kab. Tangerang; memperbaiki menu ‘aktivitas utama’ di dalam aplikasi SIPENDEKAR; dan melaporkan aktivitas pekerjaan secara real time di aplikasi SIPENDEKAR.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWaseh, Hasuri196202032000121001
Thesis advisorFuad, Anis198009082006041002
Additional Information: The Tangerang Regency Government in manifesting an effort to improve the performance of ASN employees and recapitulation of employee performance has launched a web-based application named Civil Servant Dedication and Performance Appraisal Information System (SIPENDEKAR). In the application of this system, there are problems such as (1) The performance of SIPENDEKAR server, which is accessed by thousands of employees sometimes causes the system to load slowly and (2) The ‘input aktivitas khusus’ feature is not available yet. This research aims to analyze the success factors implementation of SIPENDEKAR using DeLone and McLean model approach. This research used a quantitative approach with survey approach method and the questionnaires as data collection techniques. The sample used in this research are 52 Civil Servant (PNS) in BKPSDM Tangerang Regency. The data analysis used in this research was Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with SmartPLS 3.3.3 software. The results of this research show that information quality does not have a significant effect on use while information quality has a significant effect on user satisfaction; system quality has a significant effect on use and user satisfaction; service quality has a significant effect on use and user satisfaction; use does not have a significant effect on net benefits, and user satisfaction has a significant effect on net benefits. Suggestions for this research are to increase server capacity on SIPENDEKAR that can accommodate as many as 10.247 civil servants in Tangerang Regency; fix the 'main activity' menu in SIPENDEKAR application; and implementing real-time report in SIPENDEKAR application.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SIPENDEKAR, BKPSDM Kab. Tangerang, Model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, SEM-PLS. Keywords: SIPENDEKAR, BKPSDM Tangerang Regency, DeLone and McLean Information Systems Success Model, SEM-PLS.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 11:56
Last Modified: 29 Apr 2023 14:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item