PURWASARI, YULI and Nindiasari, Hepsi and Ihsanudin, Ihsanudin (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS eksploratif berbasis kemampuan pemahaman konsep matematis dengan alat peraga manipulatif dengan materi perbandingan. LKS dan alat peraga yang dikembangkan sebanyak 3 buah, yang terdiri dari materi perbandingan skala, perbandingan senilai, dan perbandingan berbalik nilai. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. LKS dan alat peraga divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli pendidikan matematika dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya LKS dan alat peraga diujicobakan pada siswa dengan uji coba skala terbatas. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cikeusal tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Hasil validasi penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli pendidikan matematika materi perbandingan skala, perbandingan senilai, dan perbandingan berbalik nilai berturut-turut diperoleh presentase akhir sebesar 85,3%, 84,6%, dan 87,3% dengan klasifikasi sangat kuat; validasi ahli media pembelajaran materi perbandingan skala, perbandingan senilai, dan perbandingan berbalik nilai berturut-turut diperoleh presentase akhir sebesar 86,6%, 91,3%, dan 90,6% dengan klasifikasi sangat kuat; uji coba produk materi perbandingan skala, perbandingan senilai, dan perbandingan berbalik nilai berturut-turut diperoleh presentase akhir sebesar 83%, 86,75%, dan 86,25% dengan klasifikasi sangat kuat; dan dilihat dari tanggapan siswa yang diperoleh siswa antusias belajar menggunakan LKS dan alat peraga, dengan demikian LKS eksploratif berbasis kemampuan pemahaman konsep matematis dengan alat peraga manipulatif dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, LKS Eksploratif, Alat Peraga Manipulatif, Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKS Eksploratif, Alat Peraga Manipulatif, Pemahaman Konsep Matematis. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2022 14:51 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2022 14:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9881 |
Actions (login required)
View Item |