Diansari, Asti (2015) MOTIVASI PESERTA KURSUS BAHASA KOREA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI LKP SEJONG HAKWON KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MOTIVASI PESERTA KURSUS BAHASA KOREA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI LKP SEJONG HAKWON KOTA C.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (8MB) |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi peserta kursus bahasa korea di LKP Sejong Hakwon. (2) Bagaimana hasil belajar peserta kursus bahasa korea setelah mengikuti pembelajaran di LKP Sejong Hakwon. (3) Bagaimana upaya yang dilakukan tutor dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar di LKP Sejong Hakwon. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui motivasi peserta kursus bahasa korea di LKP Sejong Hakwon. (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta kursus bahasa korea setelah mengikuti pembelajaran di LKP Sejong Hakwon. (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan tutor dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar di LKP Sejong Hakwon. Penelitian ini dilakukan di LKP Sejong Hakwon Kota Cilegon. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni tutor (instruktur) bahasa Korea dan 4 peserta kursus bahasa Korea. Teknik pengolahan data yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap member check. Teknik analisis data yakni tahap reduksi, display data, kesimpulan, verifikasi, dan validitas data. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian Motivasi peserta kursus bahasa Korea dalam meningkatkan hasil belajar di LKP Sejong Hakwon Kota Cilegon peserta kursus memiliki motivasi dan hasil belajar yang baik. Motivasi yang dimiliki peserta kursus bahasa Korea adalah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Hasil belajar peserta kursus dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik sudah banyak peningkatan. Adapun upaya yang dilakukan tutor dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan cara kompetensi, memberi tugas/latihan, memberikan reward, kegiatan pembelajaran, suasana pembelajaran dan sarana – prasarana. Kata kunci : motivasi peserta kursus, bahasa Korea, meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : motivasi peserta kursus, bahasa Korea, meningkatkan hasil belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2022 14:33 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2022 14:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9871 |
Actions (login required)
View Item |