Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PUBLIC RELATIONS BAPENDA PROVINSI BANTEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Aulia, Tasya and Ahmad, Ikhsan and Fitriyah, Neka (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BAPENDA PROVINSI BANTEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi Tasya Aulia (6662170051) (1)-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Tasya Aulia NIM : 6662170051 Judul : Strategi Public Relations Bapenda Provinsi Banten dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Pembimbing I : Iman Mukhroman, S.Sos, M.Si Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom, M.Si Program Studi : Ilmu Komunikasi Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun : 2021 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Pusat dan Daerah menyebutkan bahwa sumber pendapatan daerah meliputi: Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan, dan lain-lain PAD yang sah. Pajak Daerah di Provinsi Banten merupakan penyumbang terbesar dari total penerimaan daerah. Salah satu penerimaan pajak yang sangat besar potensinya adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Institusi pemerintah yang memungut pajak yang objeknya kendaraan bermotor adalah UPT Bapenda Provinsi Banten. Kantor UPT Bapenda sebagai salah satu institusi yang menggunakan sistem pelayanan satu atap. Disisi lain lembaga pelayanan kantor UPT Bapenda Provinsi Banten sangat unik, karena melibatkan unsur-unsur yang berbeda tugas pokok dan fungsinya tetapi dapat bekerja sama secara integratif dan harmonis dalam sebuah sistem kelembagaan untuk melayani masyarakat. UPT Bapenda Provinsi Banten dituntut semakin kompetitif untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor di UPT Bapenda Provinsi Banten yang dilihat dari indikator tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan dilihat dari faktor kesadaran, faktor organisasi, dan faktor sarana pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor di UPT Bapenda Provinsi Banten sudah cukup baik, dan diantara strategi yang diterapkan Bapenda Provinsi Banten dalam bidang pelayanan, yaitu: membuka gerai samsat di tempat strategis, menyediakan mobil samsat keliling (samling), samsat motor (samtor) dan E-samsat dalam rangka mempermudah pelayanan wajib pajak kendaraan bermotor. Kata kunci : Bapenda Banten, Kualitas Pelayanan, Strategi   ABSTRACT Name : Tasya Aulia ID : 6662170051 Title : Public Relations Strategy of Banten Province Bapenda in Improving the Quality of Motor Vehicle Tax Services Advisor I : Iman Mukhroman, S.Sos, M.Si Advisor II : Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom, M.Si Study Program : Communication Studies Faculty : Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa Year : 2021 Law Number 33 of 2004 concerning Central and Regional Balance states that sources of regional income include: Regional Taxes, Regional Levies, Separated Regional Assets Management Results, and other legitimate PAD. Regional Taxes in Banten Province are the largest contributor to total regional revenues. One of the tax revenues that has a very large potential is the Motor Vehicle Tax (PKB). The government institution that collects taxes whose objects are motorized vehicles is the UPT Bapenda Banten Province. The UPT Bapenda office is one of the institutions that uses a one-stop service system. On the other hand, the office service agency of the UPT Bapenda Banten Province is very unique, because it involves elements with different main tasks and functions but can work together in an integrated and harmonious way in an institutional system to serve the community. UPT Bapenda Banten Province is demanded to be more competitive to provide the best service to motorized vehicle taxpayers. This study aims to determine the quality of motor vehicle tax services at the UPT Bapenda Banten Province as seen from the indicators of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. While the supporting factors and inhibiting factors of service are seen from the awareness factor, organizational factor, and service facility factor. This type of research is a qualitative research using data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the quality of motor vehicle tax services at the UPT Bapenda Banten Province is quite good, and among the strategies implemented by the Banten Provincial Bapenda in the service sector, namely: opening samsat outlets in strategic places, providing mobile samsat cars (samling), motorcycle samsat (samtor) and E-samsat in order to facilitate the service of motorized vehicle taxpayers. Keywords : Bapenda Banten, Service Quality, Strategy

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:26
Last Modified: 19 Jul 2024 15:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9840

Actions (login required)

View Item View Item