Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI MEDIA VISIT PT PLN (PERSERO) DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS (studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Banten)

Utami, Robiyani Yulia and Winangsih, Rahmi and Muldi, Ail (2018) STRATEGI MEDIA VISIT PT PLN (PERSERO) DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS (studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Banten). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (RobiyaniYuliaUtami 6662130480)
STRATEGI MEDIA VISIT PT PLN (PERSERO) DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS (studi kasus pada P - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Robiyani Yulia Utami. NIM 6662130480. Skripsi. Strategi Media Visit PT PLN (Persero) dalam Membina Hubungan Baik dengan Pers (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Banten). Dr. Rahmi Winangsih, M.Si; Ail Muldi, S.Sos, M.I.Kom. PT Perusahaan Listrik Negara merupakan salah satu perusahaan BUMN berada di Indonesia yang bergerak dibidang ketenagalistrikan, dan bergerak dalam sektor pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga listrik di Indonesia. Banyaknya pelanggan PLN yang tersebar di seluruh Indonesia maka menimbulkan beberapa masalah untuk PLN berkaitan dengan pelayanan, pemadaman, dan biaya listrik. Untuk mengatasi persoalan tersebut PLN membuka layanan call center 123, i-sms, dan melalui aplikasi mobile PLN yang bisa diunduh oleh masyarakat, selain itu peran PR juga dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan melalui kerjasama dengan media massa dalam membantu memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat. Media massa merupakan mitra perusahaan yang memiliki peran penting dan harus dibina hubungannya melalui kegiatan media relations salah satunya media visit. Media visit adalah kunjungan perusahaan kekantor media dalam upaya untuk membina hubungan baik antara perusahaan dan pihak pers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori stakeholders dan Image restorations. Hasil dari penelitian ini adalah humas PT PLN (Persero) telah melaksanakan kegiatan media visit dengan baik dan sesuai dengan tujuan perusahaan yaitu untuk membina hubungan baik agar hubungan yan telah dijalin tetap harmonis dengan rekan pers dan juga untuk mencapai tujuan perusahaan PT PLN (Persero) Distribusi Banten dalam rangka perbaikan citra perusahaan. Kata Kunci : PT PLN (Persero) Distribusi Banten, Media Visit, Hubungan Baik, Pers.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Robiyani Yulia Utami. ID No. 6662130480. Thesis. The Media Visit Strategy of PT PLN (Persero) in an Effort to Foster Good Relations with The Press (Case Study in PT PLN (Persero) Banten Distribution). Dr. Rahmi Winangsih, M.Si.; Ail Muldi, S.Sos, M.I.Kom. PT Perusahaan Listrik Negara (State Electricity Company) is one of Indonesia’s state owned enterprises that is engaged in the sector of power generation, electricity transmission and distribution across Indonesia. The large number of PLN customers all over Indonesia poses various issues regarding services, blackouts, and electricity cost. In an effort to overcome these problems, PT PLN (Persero) opens services such as call center 123, i-SMS, and downloadable PLN mobile application. Furthermore, public relationsare also needed in solving the problems through cooperation with mass media to help provide socialization and education for the society. Mass media is a partner for the company that plays significant roles and relations with them must be well fostered through media relations activities such as media visit. Media visit is a visitation from the company to the media office in an effort to maintain good relations with the press. The method employed in this research is qualitative method. Data were collected through interviews, observations, and documentations. The theories applied in this research arestakeholder theory and image restoration theory. The results show that the public relations of PT PLN (Persero) Banten Distribution has performed media visit well, in accordance with the company’s goal to maintain good and harmonious relations with the press and also in order to improve the company’s image. Keywords: PT PLN (Persero) Banten Distribution, Media Visit, Good Relations, Press.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:51
Last Modified: 19 Oct 2018 07:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item