sihabudin, ahmad (2016) Pengaruh Industri Media Terhadap Komunikasi Umat Islam dan Plus Minusnya. Rausyan Fikr, 11 (1). pp. 1013-1026. ISSN 1979-0074
Text
pengaruh industri media terhadap komunikasi umat Islam dan Plus Minusnya.pdf Download (511kB) |
|
Text
Pengaruh Industri Media Terhadap Komunikasi Umat Islam dan Plus Minusnya.pdf Download (435kB) |
Abstract
Pemilik media adalah para “businessman”;Struktur organisasi media menjadi terkait dengan sistem ekonomi kapitalis yang membawa tujuan bisnis kompetitif dari pemilik industri media. item-itempemberitaandiseleksi dengan menggunakan asumsi riset pasar. Para pemilik media kerap ditemukan sebagai elite-elite bisnis industri yang berhubungan erat denganpara elite pemegang kekuasaan, hal itu mengakibatkan “politik dagang” para pemilik media dituding ikut melestarikan status quokekuasaan para tokoh politik yang menjadi rekanan mereka. kekuasaan pemilik media, meski secara etik dibatasi dan secara normatif disangkal, bukan saja memberi pengaruh pada konten media, namun juga memberikan implikasi logis kepada masyarakat selaku audience. Pemberitaan media menjadi tidak bebas lagi; muatannya kerap memperhitungkan aspek pasar dan politik. Produk pemberitaan menjadi marginkomoditas laba ekonomi sekaligus marginkepentingan politik. Akibatnya, terjadi kasus-kasus liputan media harus berhadapan dengan kepentingan politik dan bisnis. Pengaruh industri media terhadap komunikasi antar manusia yang cenderung mengarah pada terjadinya silaturrahmiantar umat terganggu. Kata Kunci:Industri Media, Komunikasi, Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Prof. Dr Ahmad Sihabudin M.Si |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 08:34 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 08:34 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9819 |
Actions (login required)
View Item |