Pangestu W S., Indra and Panji, Yearry and Sagita, Darwis (2018) STRATEGI KREATIF SERANG RADIO SEBAGAI RADIO JARINGAN ETNIKOM. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Indra Pangestu W S. NIM 6662131746)
STRATEGI KREATIF SERANG RADIO - Copy.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Indra Pangestu W S. NIM. 6662131746. Skripsi. Strategi Kreatif Serang Radio sebagai Radio Jaringan Etnikom. Pembimbing 1 : Yearry Panji S, P.hd dan Pembimbing II : Darwis Sagita,M.I.Kom Serang Radio merupakan salah satu radio unit Jaringan Etnikom. Secara otomatis Serang Radio memiliki kewajiban untuk mengikuti visi dan misi Jaringan Etnikom yang mengangkat kebudayaan lokal. Melihat persaingan antara media yang kini semakin terasa ketat. Kemudian menurunnya jumlah iklan radio hingga mencapai 0,7% setiap tahunnya. Tentunya Serang Radio sebagai anggota radio Jaringan Etnikom harus mengatur strategi agar dapat mempertahankan siarannya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Serang Radio sebagai Radio anggota Jaringan Etnikom dalam mengatur strategi kreatif. Di era konvergensi media seperti saat ini Jaringan Etnikom mewajibkan kepada Serang Radio untuk menerapkan strategi three point O. Dimana Serang Radio tidak hanya menerapkan program on air yang disiarkannya. Serang Radio juga memanfaatkan kegiatan off air dan promosi di media online. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga loyalitas pendengar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tentunya peneliti melakukan teknik wawancara dan observasi untuk mencari data. Sedangkan teori yang digunakan adalah Teori Niche (Ekologi Media). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertama sebelum membuat sebuah program acara, Serang Radio akan melakukan survey terlebih dahulu. Serang Radio juga memanfaatkan iklan layanan masyarakat berupa lelucon dengan menggunakan bahasa daerah untuk memperkenalkan bahasa daerah. Kedua, Serang Radio memanfaatkan kegiatan diluar siaran untuk menjaga loyalitas pendengar. Selain itu Serang Radio membuat member card untuk mendata jumlah pendengar. Ketiga, Serang Radio menggunakan media sosial untuk promosi. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Manajemen Media dan Media Masa
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Indra Pangestu W S. NIM. 6662131746. Thesis. A Creative Strategy of Serang Radio as a Part of Etnikom Radio Network. Advisor 1 : Yearry Panji S, P.hd dan Advisor II : Darwis Sagita,M.I.Kom Serang Radio is one of the radio units of Etnikom Network. Automatically Serang Radio has an obligation to follow the vision and mission of the Etnikom Network that elevates the local culture. Seeing the competition between the media is now increasingly felt tight. Then the decline in the number of radio ads to reach 0.7% per year. Certainly Serang Radio as a radio operator of the Etnikom Network should set a strategy in order to maintain its broadcast. This research was conducted to see how Serang Radio as Radio member of Ethnikom Network in managing creative strategy. In the era of media convergence, the Etnikom Network requires Serang Radio to implement the three-point strategy O. Where Serang Radio is not just implementing the on air program broadcasts. Serang Radio also utilizes off air activities and promotions in online media. It aims to maintain the loyalty of the listener. This research uses qualitative approach with case study method. The analysis technique used by the researcher is data reduction, data presentation and conclusion. Surely researchers do interviewing and observation techniques to find the data. While the theory used is Niche Theory (Media Ecology). The results of this study show that first before creating an event program, Serang Radio will conduct a survey. Serang Radio also utilizes public service advertisements in the form of jokes by using local languages. Second, Serang Radio utilizes activities outside the broadcast to keep the loyalty of the listener. Besides Serang Radio makes a member card to record the number of listeners. Third, Serang Radio uses social media for promotion. Keywords: Creative Strategy, Media Management and Mass Media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 07:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 07:38 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/980 |
Actions (login required)
View Item |