Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Dota 2 Di Kota Serang)

PRATIWI, ELIANA and Kania, Rd. Nia and Nurprapti, Nurprapti (2017) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Dota 2 Di Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (ELIANA PRATIWI 6662132410)
SKRIPSI ELIANA PRATIWI - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Eliana Pratiwi. NIM. 6662132410. Skripsi. Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Dota 2 di Kota Serang). Pembimbing I: Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si Perkembangan teknologi memunculkan berbagai hal yang bisa dijalankan hanya dengan mengandalkan jaringan internet, salah satu nya adalah game online. Game online kini telah menjadi suatu candu yang bisa membuat para pemainnya mengurangi kegiatan lain. Salah satu game online yang saat ini tengah digandrungi sebagian masyarakat khususnya para remaja hingga dewasa awal yaitu Dota 2. Meningkat nya aktivitas dalam bermain game online Dota 2 tidak berbanding lurus dengan perilaku komunikasi para pemain nya, maka dari itu timbul lah perbedaan perilaku komunikasi interpersonal didalam dunia virtual maupun diluar dunia virtual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa motivasi bermain pecandu game online Dota 2, bagaimana interaksi pecandu game online Dota 2 didalam dunia virtual, dan bagaimana interaksi pecandu game online Dota 2 diluar dunia virtual. Teori pendukung yang peneliti gunakan adalah teori motivasi David McClelland. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan lima key informan pecandu game online Dota 2 dan tiga informan tambahan yaitu keluarga, operator warnet, dan psikolog. Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi bermain pecandu game online Dota 2 didasarkan pada kebutuhan untuk mencapai penghargaan dengan menaikan Ranking Level dan mendapatkan keuntungan finansial, menjalin dan meningkatkan hubungan dengan pemain game online lain, serta untuk menjadi pemain yang hebat dan professional. Interaksi pecandu game online Dota 2 didalam dunia virtual nya cukup aktif dikarenakan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat terhadap game online yang sama. Dibandingkan interaksi yang dilakukan diluar dunia virtual sangat jarang dilakukan bahkan istilah dalam game online Dota 2 pun terus terbawa dalam interakasi diluar dunia virtual. Kata Kunci : Game Online, Kecanduan, Dota 2, Perilaku Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Eliana Pratiwi. NIM. 6662132410. Thesis. Interpersonal Communication Behavior of Online Gaming Addicts (A Case Study Dota 2 online gamers addicts in Serang). Supervisor I: Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, M.Si Supervisor II: Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si The evolution of technology has bring up things that can be run just by relying on the internet network, one of them is online games. Online game has become an opiate that can make the players decrease their other activities. One of the online games that are currently loved by people especially adolescent to early adulthood is Dota 2. Increase in playing Dota 2 online game was not directly proportional with the communication behavior of the players. Then the difference of the communication interpersonal within and outside virtual world was appear. The purpose of this research was to determine what is the motivation of the Dota 2 online gamers addicts, how the Dota 2 online gamers addicts interactions within of virtual world, and how the Dota 2 online gamers addicts interactions outside of virtual world. The supporting theories that researchers use is the motivation theories by David McClelland. The method which is used in this research is descriptive qualitative method with uses five key informants of Dota 2 online gamers addicts and three additional informants are family, game center operator, and psychologist. The results of the study is the motivation of playing Dota 2 online gamers addicts based on need for achieve rewards by raising the ranking level and for get financial gain, having and improve a relation with another online gamers player, and also to be a great and professional player. The Dota 2 online gamers addicts interactions within of virtual world quite active due to meet people who have interest with online games. While The Dota 2 online gamers addicts interactions outside of virtual world is very rarely done even the term in Dota 2 keeps getting carried away in the interactions outside of virtual world. Keywords : Online Games, Addiction, Dota 2, Interpersonal Communication Behavior
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:32
Last Modified: 19 Oct 2018 07:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item