Adi Nugroho, Sofyan (2021) LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI KOTA SERANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
COVER s.d. LAMPIRAN, FULL TEXT SKRIPSI SOFYAN ADI NUGROHO.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi teknologi informasi dan komunikasi masyarakat kota serang dalam pelayanan publik berbasis e-government dan mengetahui hambatan bagi masyarakat memahami serta mengaplikasikan TIK dalam mengakses implementasi e-government di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode survei dan kuisioner dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi TIK masyarakat kota serang dalam pelayanan publik berbasis e-government dalam kategori tinggi, hanya sebagian kecil masyarakat dalam kategori sedang. Masyarakat yang termasuk dalam kategori sedang menunjukan bahwa mereka memiliki pemahaman yang cukup dalam penggunaan TIK untuk mengakses pelayanan publik berbasis e-government. Hal ini disebabkan masih ada hambatan dalam aksesibilitas e-government yaitu masih rendahnya indikator membuat (create) masyarakat Kota Serang dalam aksesibilitas e-government berada pada kategori rendah, sehingga pemerintah Kota Serang perlu memberi edukasi atau pelatihan terkait langkah-langkah dalam membuat data diri serta mengedukasi masyarakat tentang menjaga keselamatan dan keamanan data pribadi masyarakat kota serang dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims to describe the level of information and communication technology literacy of the people of Serang city in public services based on egovernment and know the obstacles for the public to understand and apply ICT in accessing the implementation of e-government in Serang City. The study used survey and questionnaire methods with a quantitative descriptive approach. The results of this study showed that the level of ICT literacy of urban communities in e-government-based public services in the high category, only a small percentage of people in the moderate category. People who fall into the category are showing that they have a sufficient understanding in the use of ICT to access e-governmentbased public services. This is because there are still obstacles in the accessibility of e-government, namely the low indicators that make (create) the people of Serang City in e-government accessibility is in the low category, So the Government of Serang City needs to provide education or training related to measures in making personal data and educating the public about maintaining the safety and security of personal data of the people of serang city from irresponsible parties. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Government, Kota Serang, Literasi TIK, Pelayanan Publik Keyword: E-Government, ICT Literacy, Public Services, Serang City | |||||||||
Subjects: | Communication > Public Relations Science | |||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FISIP | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2023 10:30 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2023 10:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9766 |
Actions (login required)
View Item |